Saturday 30 April 2011

membuang diri eps. tangisan-tangisan-anak rantauan

kalau mau dihitung-hitung, ternyata sudah hampir satu tahun aku memisahkan diri dari keluarga. masih ingat jelas, aku menginjak tanah dan menghirup udara kota gudek ini untuk yang pertama kalinya dan disahkan mejadi seorang perantau di tanggal 1 Agustus 2010, sedangkan sekarang sudah tanggal 29 April 2011. eh?? masih agak lama sekalinya ya! haha, bodoh *malu* http://www.emocutez.com

walau belum genap setahun, tapi kok rasanya sudah lama banget aku membuang diri ya? haha, melebay memang ternyata aku ini. memang, yang namanya homesick itu nggak pernah lepas dari diriku. baru beberapa bulan yang lalu aku pulang ke Balikpapan, berasa udah dua tahun aku nggak pulang, haha.

entah kenapa, aku rindu akan rumah tak pernah terputus. kalau sudah ada di rumah itu, rasanya ndak mau lagi aku balik ke jogja ini. kalau bisa ku pindah UGM ini ke balikpapan, ku pindah memang. atau, kalau bisa ku gotong rumahku ke jogja, ndak diragukan lagi, sudah tepindah itu rumah ke jogja. sayangnya, itu cuma khayalan tingkat tinggiku yang nggak mungkin terealisasikan.


setiap pulang ke balikpapan dari jogja, pasti diiringi dengan senyuman lebar dan ketawa-ketiwi selama perjalanan dari kos menuju bandara, sampai selama dalam pesawat dari jogja menuju balikpapan. jangankan pas hari H pulang, H-2 pulang pun aku akan sudah sangat heboh ketawa-ketawa, riang gembira mau pulang kampung. tapi, coba kalau pas mau balik dari balikpapan - jogja. bisa nangis sampe H+2 di jogja!

masih ingat banget tangisan pertama di tanggal 1 Agustus 2010, di mana kisah perantauan dimulai. padahal ya, pas pertama berangkat itu aku ditemanin sama mama sama abing ke jogja, jadi nggak sendirian. tapi ya, tetap aja berasa pergi sendirian. berasa udah bener-bener jadi perantau yang ninggalin semua keluarganya di kampung halaman dan baru akan kembali di waktu yang sangat lama.

sebenernya sih, seminggu sebelum hari H pindahan ke jogja juga udah nangis-nangis bombe sama mama. gara-garanya aku pamitan sama nenek dan keluarga besar yang ada di samarinda. pulang dari samarinda naik argo, gara-garanya si komandan nggak bisa antar-jemput, sibuk kerjaan. pas lagi pamitan sama nenek itu, sambil pelukan. udah nahan-nahan nangis nih! dalam hati udah ngomong "jangan sampe nangis deh gue!" eh taunya, pas lagi pelukan, si nenek tuh meluknya kuaaattt banget! udah gitu sambil ngomong "hati-hati ya, cu, di sana. jaga diri baik-baik, jaga kesehatan..." dan tak terlanjutkan gara-gara si nenek udah nangis aja. cuma mempererat pelukan doang. hueee.. gimana aku nggak nangis juga coba? dari jaman dibrojolin mama, aku juga udah lumayan deket sama nenek kan. dulu kalau dimarahin sama mama, nenek yang belain. minta ini itu, diturutin. semakin besar, semakin jarang ketemu, lagian beda kota juga kan tinggalnya. harus nempuh waktu kurang lebih dua jam perjalanan darat kalau mau ketemu. beda kota satu pulau aja jarang ketemu, gimana ini yang harus beda kota beda pulau terpisahkan lautan coba? bakal tambah jarang ketemu. mana itu nenek tinggal satu-satunya. walau kadang suka nyebelin, tapi tetep aja sayang. waktu perjalanan pulang ke balikpapan, di dalam taksi entah kenapa di otak ada flash back zaman aku kecil sampe gede yang barengan sama nenek. jadi tambah keingatan dan akhirnya bikin tambah sedih, huhu http://www.emocutez.com

setelah deg-deg-an sekian hari, nggak nafsu makan, nggak bisa tidur nyenyak sebelum kepergian, akhirnya dateng juga deh itu tanggal 1 Agustus. pesawat batavia jam 06.45 bpn-jog. berangkat dari rumah sekitar jam setengah enam (selesai subuhan pokoknya). sampai di bandara, cek in - masukin barang yang banyaknya kayak mau pindahan (emang pindahan kali!), abis itu balik lagi ke depan soalnya boarding masih agak lama. lumayan lah masih bisa menghirup udara pagi balikpapan sebelum besoknya dan besok-besoknya lagi akan menghirup udara pagi jogja. panggilan pertama boarding, masih malas buat naik ke pesawat. sampai akhirnya panggilan ketiga boarding, baru aku sama mama plus abing masuk ke pesawat. sebelumnya, sempetin salim - cium tangan komandan dan berpelukan erat. ah, belasan tahun aku menjadi anaknya, tapi mencium tangan komandan itu hal yang paling jarang aku lakukan. paling cuma pas lebaran. aku baru menjadikannya kegiatan rutin sekitar awal tahun kedua di sekolah menengah. hingga akhirnya aku mencium tangan itu sebelum memisahkan diri ke kota orang, baru ku sadari betapa kasarnya telapak tangan itu karena harus bekerja keras demi kemakmuran dan kebahagiaan keluarganya. ah, komandanku sayang, engkau memang pahlawan sejatiku.kemudian beliau memelukku erat, dan komandan cuma bisa bilang "hati-hati ya di sana". singkat. entah beliau nggak tau harus ngomong apa, atau mungkin beliau menahan sesuatu yang membuatnya tak bisa berkata banyak. aku pun nggak bisa menjawab apa-apa, hanya bisa menganggukkan kepala.

lepasnya tangan kasar komandan dan pelukan erat dan hangatnya, membuat air mataku muncrat (apaan nih katanya "muncrat"!) deras. rasanya nggak mau ku lepas pelukan itu, kalau nggak ingat panggilan boarding udah yang terakhir. huweee.. selama langkah menuju pesawat, sampai naik pesawat, selama pesawat terbang, sampai pesawat landing di bandara adisucipto, slide-slide kenangan sama komandan, candanya, marahnya, rayuannya, nasihatnya, duitnya, jalan-jalannya, ngambeknya, jahilnya, bohongnya, semuanya, berjalan di ingatan. yang ngebuat air mata semakin deras muncratannya kayak keran jebol http://www.emocutez.com

tiga minggu mama di jogja, eh si komandan nyusul juga datang ke jogja. alasannya sih, mau ke pulang kampung ke cilacap. cuma, kalau aku bilang, si komandan kangen mama, makanya nyusul, haha. soalnya sebelum nyusul, si komandan kabar-kabarnya sakit. pas udah nyampe jogja, nggak ada bekas-bekasnya sakit kok, bohong aja itu kan. jogja ternyata cuma buat transit satu hari. besoknya, komandan menggotong mama dan abing ke cilacap, aku ditinggal soalnya masih ospek kuliah. lima hari di sana, balik lagi ke cilacap. nginap lagi di jogja tiga hari, abis itu balik lagi ke balikpapan. kali ini, mama sama abing, ikut komandan pulang, ninggalin aku sendirian di jogja. nah, ini awal yang sebenarnya aku jadi perantau. padahal, waktu itu aku sudah direncanakan juga bakal pulang ke balikpapan tiga puluh hari setelahnya, dan itu sudah menjadi sebuah kepastian. tapi, entah kenapa tetap aja berasa "ditinggalkan". akhirnya, pas antar mama, komandan, abing ke bandara buat pulang, aku mewek lagi. ngekngok. sebenernya nggak mau mewek, tapi si mama sih meluk sambil mewek terus bilang "mama pulang ya, hati-hati di sini". terus si abing juga mewek sambil bilang "cepat pulang ya, kak". hueee.. aku kan jadi ikut mewek jugaaa http://www.emocutez.com

akhirnya, libur lebaran tiba juga. semalem sebelum pulang mudik, kelayapan dulu sama temen-temen abis nyari bakpia dan barang-barang titipan. abis nongkrong-nongkrong di alun-alun kidul sambil minum-minum kopi, pulang ke kos dengan hati riang gembira, "besok pulang kampung, YES!" hari H pulang kampung, ketawa-ketiwi deh di pesawat. abis tu sampe di balikpapan. lebaran, kelayapan sana sini minta maap dan minta angpao, eh nggak kerasa udah abis waktu liburannya! waktunya balik ke jogja. pesawat sriwijaya jam 08.55 bpn-jog. baru kali ini nih berangkat sendirian. sudah aku prediksikan, bakal "banjir". sialnya, aku datang ke bandara kecepatan. di jadwal pesawatku take off jam 08.55. ternyata, jam 08.55 pesawatnya baru landing dari kota lain, ckckck http://www.emocutez.com

aku nggak tau kalau itu pesawat belum ready buat berangkat dan bakal delayed. lha, waktu sampe bandara udah open check in kok. langsung aja check in, eh taunya, peswatnya belum dateng. hedeh. akhirnya, duduk-duduk dulu di depan bandara. liat ramenya balikpapan. bolak balik liat jam tangan, deg-deg-an, pusing, nahan air mata. sampai akhirnya, ada pengumuman kalau pesawat yang bakal aku tumpangin baru landing. tapi tandanya, itu sebentar lagi aku yang bakal take off. abis dari situ, entah kenapa air mata netes lagi. si mama yang liat aku nangis, eh nangis juga, jderr .. jadi aku tahan-tahan deh nangisnya. tapi emang dasar cengeng, nangis nggak puas nggak enak. jadi nangisnya nyambung-nyambung gitu (haha, kayak sinetron aja!). sampai akhirnya, panggilan buat boarding mengudara di bandara. langsung berdiri lah aku. komandan noleh ke aku, abis tu bilang "ih kok mewek, ndak malu" sambil ngolok-ngolok gitu. aku tau, cuma buat menghibur supaya aku ndak nangis lagi. jadi aku nyengir.. sambil nangis http://www.emocutez.com abis itu peluk-peluk komandan, mama, abing, yang semuanya buat air mata tambah nggak bisa berhenti! jadi pas masuk, pas ngelewatin security mau boarding, om-om-nya negur "loh, kok nangis deek". ah, andai om tau perasaan saya http://www.emocutez.com
akhirnya boarding, take off, satu setengah jam dan akhirnya landing di adi sucipto, ternyata belum bisa mengeringkan air mataku. terus di bandara di jemput sama om taksi, di taksi ada temen ngobrol, nggak mungkin nangis. sampai di kos, kamarku sepi. mama telepon nanya udah sampai apa belum, nyuruh istiahat. eeehhh... malah lanjut nangis, hahaha.

kepulangan ke balikpapan yang ku sangka masih akan sangat lama, ternyata nggak direstui. belum genap satu semester di jogja, eh jogja kena bencana merapi (oktober 2010), yang akhirnya memaksaku untuk pulang ke balikpapan (sebenernya aku yang maksa minta dipulangkan ke balikpapan, haha). dua minggu, dan akhirnya balik lagi ke jogja. cuma, kali ini ada temannya pas balik ke jogja, jadi nggak mewek-mewek deeh.. horeee, rekor! http://www.emocutez.com

melanjutkan kuliah yang sempat tertunda akibat erupsi merapi. ternyata cuma sebentar doang. materi dikebut habis sama dosen, ujian akhir, terus libur (lagi)! tapi, pas mau pulang eh tiket peswat mahal geelaa. nggak jadi pulang deh (awalnya). tapi di sepuluh harri sebelum lebaran berakhir, ternyata aku berubah fikiran. padahal aku udah minta uang ekstra untuk liburan, dan uang itu udah dikirim. eh, taunya pulang juga ke balikpapan *untung besar! kali ini pulangnya barengan pacar. dan dia nyariin tiket balik ke jogja pakai lion, yang terbangnya malam. dia bilang "tenang yank, tar kan barengan aku juga pulangnya"
ternyata?? dia pulang seminggu setelah aku balik ke jogja! jadilah aku balik sendirian ke jogja. alamat banjir lagi nih. eh ternyata beneran dah banjir. sepuluh hari di balikpapan berlalu dan harus balik ke jogja, sendirian! lion jam 19.00 bpn-jog. karena lion cepat boarding tapi lama take off (lama nunggu di dalam pesawat)dan aku nggak tau, jadi pas abis check in langsung panggilan pertama boarding. aku nggak sempat lagi keluar, soalnya terminalnya juga panjang banget, jauh kalau mau keluar. jadi aku cuma bisa nelepon mama. boarding, dan aku... mewek! http://www.emocutez.com dan tangisan ini berlanjut sampai pesawat take off, satu setengah jam, dan landing. pause saat di taksi, dan continue saat sampai di kos, klasik. haha.

entah kenapa ya, kebiasaan nangis waktu membuang diri kembali ke jogja ini nggak bisa berhenti. mungkin bukan nggak bisa, tapi belum bisa berhenti sampai sekarang. mungkin karena ini masih waktu-waktu yang baru. satu tahun pun belum genap. mungkin nanti, di saat aku sudah menginjak tahun yang ketiga (udah mau lulus dong aku kan! haha, amiin amin!), mungkin aku nggak akan nangis lagi kalau harus membuang diri. tapii ... ah, pesimis aku eh. kalau emang udah keturunan cengeng pasti bakal keterusan cengeng, haha. anggaplah, air mata yang jatuh ini, merupakan sebagian kecil bukti kalau keluargaku itu hal yang paling berarti buat aku, heheh *ngeles. jadi, rindu untuk mama, komandan, dan abing, dan afa (kucing blasteran kampung-persia) nggak akan pernah habis walau sudah bertemu untuk waktu yang lama sekalipun http://www.emocutez.com

1 comment:

  1. haha..masih suka homesick..jadi ingat diriku 3 tahun yang lalu --"

    ReplyDelete