Sunday 10 April 2011

Semoga Tenang Di Sana :')

yang namanya takdir - jodoh, mati, rejeki - kata orang tua ada di tangan Tuhan. segala sesuatu yang disebut dengan takdir, datangnya memang kadang nggak pernah bisa diprediksikan, nggak pernah terbayangkan, apalagi di rencanakan.

kalau kita mendengar berita seseorang yang akhirnya menemui takdirnya untuk bertemu jodoh, biasanya kita ikut senang. kalau kita mendengar seseorang yang memiliki takdir untuk mendapatkan rezeki yang besar nan berlimpah, biasanya kita senang, kadang juga iri *hahah (ngancurin image seriusnya ini). lalu kalau kita mendengar takdir tentang seseorang yang akhirnya menemui ujung dari kehidupannya, akhir dari nafasnya, dan terputusnya segala takdirnya di dunia, biasanya ada yang ikut meneteskan air mata.. ada yang biasa saja, hanya berucap ikut berbela sungkawa, atau malah ada yang bilang "itu yang meninggal siapa ya?"


di beberapa waktu masih hitungan tahun ini (kalau nggak salah), beberapa orang yang ada di sekitarku, sudah mendahului untuk berpulang kepada Yang Maha Pencipta. beberapa di antaranya cukup membuat shock, kaget, dan diiringi rasa nggak percaya kalau mereka udah nggak ada. pertama, waktu mendengar berita "kepulangan" seorang guru matematika. guru matematika yang ini, masih bisa dibilang baru di sekolahku. sempat ngajar angkatanku waktu menjelang UAN + UAS. waktu pertama ibunya masuk ke kelasku, sumpaah, udah main di blacklist aja sama temen-temenku. gimana nggak, ibunya menerapkan sistem anak SD waktu itu di kelasku. yaudah deh, jadi nggak terlalu suka sama ibunya. tapi ibunya tetap ngajar di kelasku waktu itu .. tapi lama-kelamaan ibunya enak aja kok ngajarnya. mudeng lah seenggaknya aku waktu itu .. waktu itu, aku dan teman-teman sempat bercerita kepada beliau tentang seorang guru praktek yang la dongdong beud. si bapak ini dulu suka ngegodain anak-anak cewek, dan ilmunya gak terlalu oke, jadi kami suka sebel banget sama si bapak itu. sempat kami bercerita, dan si guru matematika ini nggak percaya sama cerita kami. kenapa? karena ternyata beliau dan bapak guru praktek itu sama-sama lolos jadi guru di sekolahku.
akhirnya, aku dan satu angkatanku lulus. pada mencaar deh kuliah di mana-mana dan kerja di mana-mana. maklum, aku sekolah di smk. setelah beberapa bulan kuliah, di suatu hari, ada sebuah sms masuk ke hape ku.
"inalillahi wa inaillaihi raji'un. guru kita Bu Isma telah berpulang ke rahmatullah karena kecelakaan"
salahnya, yang sms aku waktu itu nomornya nggak ada di phonebook ku. unknown gitu deh. jadi aku mikir, "Bu Isma siapa yah?? guru SD apa SMP yah? kok lupa.."
akhirnya aku tanya sana sini, dan akhirnya seorang teman ngasih tau aku, kalau yang dimaksud adalah Bu Isma guru matik yang sempat kena blacklist di kelasku waktu itu. huwooohhh.. syok berat. agak merasa bersalah sama ibunya, belum sempat minta maaf.. ya allah, kenapa begitu cepat ? nggak bisa ketemu ibunya lagi kalau pulang kampung dan main ke sekolah. apalagi kalau mengingat segala runtutan kejadian sewaktu ibunya berpulang. ibunya itu jadi korban tabrak lari waktu pulang sekolah.. jadi waktu nyebrang jalan, di tabrak sama taksi argo. tau kan kalau taksi argo itu gimana lajunya.. dan tragisnya, ibunya itu meninggal nggak lama setelah menikah. dan ternyata ibunya itu menikah dengan .. bapak guru praktek yang hau hau itu.. mak ai. malang nian.. bapaknya itu memang sedang cari jodoh jaman itu.. eh ternyata, mereka menikah, tapi nggak jodoh. bahkan, waktu almarhum bu isma meninggal, mereka belum sempat buat acara resepsi pernikahan. baru akad nikah doang. rencananya mereka bakal ngadain resepsi setelah pelantikan jadi PNS kalau nggak salah. tapi ternyata, takdir Allah berkata lain. Bu Isma sudah dipanggil mendahului semua orang, sebelum acara itu terlaksana. bagaimana dengan si bapak guru praktek itu ? jelas beliau shock berat. aku pun waktu mendengar kabar kepulangan guru matematika itu, jadi ngerasa sedih banget. nggak tau kenapa, padahal nggak terlalu lama mengenal si ibu guru matematika itu. cuma, kalau mengingat segala kejadian-kejadian, jadi sediih banget. rasanya aku pengen banget datang ke sana dan mengucapkan bela sungkawa yang daleem banget. tapi, yah jelas nyatanya nggak bisa lah .. aku di mana dan beliau di mana.. hanya mampu mengucap doa saja akhirnya..

setelah lewat dari beberapa bulan kepergian Bu Isma, udah mulai lupa sama kejadian berpulangnya si guru metik. bahkan, jujur aku aja sempat lupa sama nama ibunya. tadi pas mau nulis ini pun aku lupa nama ibunya.. sampe aku nanya sana sini, heheh *buka kartu.
waktu itu, aku lupa, hari sabtu atau minggu, yang jelas aku lagi nggak kuliah (atau mungkin sekitar hari aktif? aku kan suka bolos kuliah, hahahah). sekitar jam 8-an pagi, waktu pertama buka mata, iseng mau cek facebook. online mobile aja lah aku, maklum, waktu itu belum langganan unlimited. hahahah. pas lagi online, baca-baca status teman-teman. eh taunya ada status si mantan ketua OSIS di zaman smk dulu, doi juga mantan ketua basket sekolah, anak kelas MP (permesinan). statusnya begini
"selamat jalan teman, semoga tenang di sana. kami akan selalu mengenangmu kawan, Malik."
(intinya kira-kira begitu, walau mungkin nggak sama samasekali karena aku udah lupa, hahaha).
jdeng, waktu aku baca nama malik, sempat nggak percaya sama sekali. malik ? malik yang itu ? malik itu anak permesinan juga, kata temen-temenku sih dia albino. itu loh yang kulitnya putih banget. aku aja dulu pertamanya mikir dia itu anak bule. eh sekalinya dia bugis asli, hahah. akhirnya aku comment di statusnya si mantan ketua osis.
aku : malik? malik mana??
MKO (mantan ketua osis) : malik mp 1.
aku mikir ulang.. seingatku si malik yang aku kenal itu anak MP 3. tapi seingatku lagi, malik anak mesin itu cuma satu. ah, tapi masa si malik yang itu sih?? jadi aku tanya-tanya sama teman-temanku yang lain.. dan akhirnya, dapet kepastian kalau malik si bule itu anak MP1. aku ? syok! jelas.. apa ya.. nggak pernah terfikir gitu lo.. dia masih terlalu muda.. dan yaah.. apa ya, abis kata-kata deh pokoknya. apalagi, waktu anak-anak kelasku lagi party di pantai lemaru, yang nolongin semua-semuanya itu ya malik. dari yang bantuin cari tempat, bantuin cari penyewaan tikar yang murah (paling murah!), bantuin nyewa banana boat.. ya dia semua. karena memang dia udah akrab sama orang-orang di pantai itu. maklum lah, bapaknya nelayan kalau nggak salah. jadi dia memang anak lemaru, begitu waktu itu kami memanggil dia. setelah aku tanya-tanya sama teman sekelasku yang memang dekat sama malik, dia ngasih info kalau malik memang sudah "dipanggil". dia meninggal gara-gara sakit usus. entah usus apa. seingatku dia usus buntu, sudah dioperasi tapi nggak tau gimana, malah akhirnya berpulang.. yah, memang takdir nggak bisa ditolak. mau sembunyi di gua, kalau memang sudah takdirnya untuk berpulang toh akan ketemu juga dengan malaikat pencabut nyawa. semoga tenang di rumah abadimu, kawan..

beberapa bulan yang lalu, seorang saudara (ini bukan hanya seorang saudara. entah aku sudah pernah posting tentang dia atau belum. yang jelas dia adalah saudara, guru, teman, dan segalanya untuk aku. sepertinya sih sudah, coba cek di judul tipu-tipu berhadiah lebaran, ada seorang tokoh yang disapa "om") mengajak untuk chatting via ym. kami memang sering berbincang-bincang bila hidup sudah terasa penat, hanya untuk bertukar kabar, bertukar fikiran, curhat, atau cuma untuk sekedar menghibur satu sama lain dan tertawa bersama. akhirnya setelah online, kami berbincang-bincang santai.
aku : om! katanya mau ke jogja? mana, ndak pernah jadi..
om : aduhai adikku, masih sibuk naah..
aku : ash! PALSU.
om : hehe. bit, saya mau cerita..
aku : monggo om, saya menyimak.
om : ini soal bapak, Bit. bapak itu sakit.. tumor hati, stadium empat..
aku : astagfirullah! kok sudah stadium 4 sih om?
om : ya saya juga nggak tau. agak pusing juga, sudah separah itu bapak dan ibu baru bilang sama saya sama mbak-mbak yang lain..
aku : *speechless* jadi gimana om?
om : ya ini juga terus berusaha buat mengobati, Bit.
aku : moga cepat sembuh ya om.. (sebenarnya ini cuma sekedar hiburan doang.. aku pun pesimis, tumor stadium 4 bisa sembuh, mungkin om juga tau ini cuma basa-basi)
setelah sekian lama, om berkabar-kabari kalau mau main ke jogja. udah girang deh, sibuk lagi di chat. tapi kemudian dibatalkan lagi. chatting lagi.
aku : PALSUUUU !!
om : sabar, Bit.. masih susah ini keadaanya..
aku : ah, om ngapusi aja loh..
om : haha, banyak yang ga mendukung, Bit.
aku : emang kenapa om ?
om : kerjaan, bapak, dan calon istri..
aku : kerjaan kenapa lagi ?
om : banyak job, Bit. jadi masih susah atur waktu..
aku : bapak kenapa om? gimana kondisi sekarang?
om : bapak ya masih sakit.. nggak bisa kerja-kerja berat lagi.. paling cuma tidur-tiduran.. mana bapak itu nggak mau diurusin sama orang lain, termasuk saya, maunya cuma sama ibu. makanya saya jadi nggak tega kalau harus pergi ke jogja..
aku : ooh gitu.. yaudah sabar aja om.. hehe terus kalau calon istri kenapa?
om : saya masih sibuk nyari, wahahahah.
aku : --"

setelah beberapa waktu kemudian.. status ym om berkata "sudah stadium 4 bro. doakan yang terbaik"
chatting lagi lah kami..
aku : gimana bapak om ?
om : masuk rumah sakit, Bit.
aku : laah ? kapan?
om : tadi malam.. di rumah sakit tentara , ruang ... (aku lupa ruang apa)
aku langsung ngubungin mama, suruh datang ke rumah sakit mewakili aku yang nggak bisa datang.. akhirnya mama datang ke rumah sakit besoknya.. dan waktu terus berjalan.. aku masih sering chatting sama om sambil tanya-tanya keadaan bapak.. seingatku, beberapa minggu yang lalu bapak sudah pulang ke rumah lagi.. lah tadi pagi abis bangun tidur iseng ol.. barengan si ayank ol nya.. terus dia yang ngomong, "loh sayang. bapaknya om meninggal kah?"
"hah!? mana ?"
"itu statusnya om.."
au baca seksama statusnya om..
"Kami sayang padamu Pak. Kami mencintaimu Pak. Terimakasih telah mendewasakan kami.
Selamat jalan Bapakku..."
aargghh ! iya ini. langsung aku nelpon om..
"om, bapak anu kaah .?" (nggak berani bilang meninggal)
"iya, Bit.." terdengar suara lelah, sedih, tapi tak ada isak tangis.
"kapan om.."
"semalem, Bit 22.30. tar dimakamin jam 11 di BDS"
"saya turut berduka ya om.. maaf nggak bisa datang .."
"iya, Bit. makasih.."
takdir memang nggak bisa ditolak, ataupun ditawar.. memang sudah waktunya.. mungkin memang itu yang terbaik untuk bapak yaa.. daripada harus sakit terus, makanya dipanggil oleh yang Maha Kuasa.. aduh Bapak, masih ingat saya waktu pertama kali ketemu, waktu becandaan lebaran.. lebaran tahun ini pasti nggak ada ketawa bapak lagi kalau saya main ke rumah.. semoga tenang di sana ya.. semoga lapang kuburnya, mudah jalannya, dan mendapat tempat yang paling indah di alam kekal sana..
om yang tabah yaa.. saya bantuin doa di sini ..

buat semua yang pernah orang-orang yang dicintai, doakan lah selalu mereka-mereka yang sudah memasuki pintu rumah kekal abadi.. semoga mereka berbahagia di sana. percayalah, cepat atau lambat kita akan menyusul mereka :)

0 comments:

Post a Comment