Friday 1 April 2011

mumu , nini , ciparo , cite , cilo , rocky !


-persiapan nulis-
ehem ehem *ceksound
kretek *bunyiin sendi-sendi jari
gletek gletek *matahin leher
hhhooaammm *nguap
grrookk *tidur (lho?)

ndak lah, mau nulis aja banyak banget sih yang dilakuin. hahaha. ini cerita, cerita soal hewan. hewannya hewan peliharaan. peliharaannya sapa? sapa ayo tebak.. ya peliaraannya aku laahh *jayus.
haha, jadi ini diawali dari soal iri-irian. gara-gara liat si ibel punya kucing anggora, jadi kangen berat sama Afa. pasti pada bertanya-tanya, siapa itu Afa. Afa itu, kucing blasteran anggora-kampung yang dipeliara di kampung halaman sana (baca : balikpapan). semenjak pindah ke jogja, kan nggak bisa dibawa ke jogja tuh kucing, jadinya sepi deh. ndak ada lagi yang bisa diajak mainan, atau cakar-cakaran, atau rebutan selimut. pas liat kucingnya ibel, jadi pengen juga punya kucing. eh tapi sayangnya, aku ngekos. kalau seandainya aku harus meliara kucing, lah kamarku pasti bakal penuh banget kaan.. lagian, ibu kosku itu ndak bolehin peliara kucing. ih sebel beud dah sama ibu kos itu. apa-apa ndak boleh. bawa temen cewek nginap ndak boleh, bawa peliaraan juga ndak boleh. mana kalau bawa alat-alat elektronik mesti bayar, ih apa-apaan *malah curcol --" balik ke topik.
nah jadi karena si ibu kos ini banyak peraturan ini itu, kalau aku peliara kucing kan jadinya ndak bisa disembunyikan alias ndak bisa diselundupkan. bisa sih, kalau kucingnya aku kecilin pakek senter pengecil punya doraemon. masalahnya, doraemon abis kena tsunami di jepang, ndak tau sekarang nasibnya gimana, masih masuk di daftar orang hilang kayaknya, bersama nobita dkk. jadi aku mau peliara binatang yang kecil-kecil aja, yang bisa diselundupin dan disembunyikan.. kenapanya, mbak-mbak yang ngekos di lantai bawah itu peliara hamster. eh, aku jadi pengen juga peliara hamster, haha :P
dasar latah memang kok, apa yang orang punya, aku juga mau punya. jadilah, hari minggu pas jalan-jalan ke sunmor (sunday morning : acara pasar pagi punya UGM) sama ibel, aan, madin, jule. lewatin kios hamster yang ada di situ, ee liat-liat, kegaet deh sama hamster di situ. jadinya, aku pulang bawa-bawa kandang hamster, isinya sepasang hamster tipe winter - jantannya pearl , betinanya golden. diolokkin deh sama anak-anak, katanya sebentar aja itu aku punya hamster.. ndak lama mati. aku pertamanya juga was-was sih. aku kan ndak pernah peliara hamster sebelumnya. nanti pas mati kayak apa, dosa lagi aku. mana aku orangnya mood-modd-an. kalau lagi pengen, pengen banget. kalau lagi malas, yauda, lupa kalau punya peliaraan, hah.
tapi waktu itu optimis aja lah sama si hamster.. yakin kalo itu hamster bakal idupnya lama :P
jadilah aku meliara sepasang hamster. diberi nama mumu dan nini. yang namanya mumu itu, warnanya putih (pearl *kata mbak-mbak ahli hamster si gitu) terus badannya agak kecilan. eh, tapi sekarang udah gede ya! aku berhasil merawat dengan baik, dan membuat dia gndut :D
terus kalau si nini itu se betinanya, warnanya kuning alias golden.. itu waktu pertama beli memang sudah gendut, ee sekarang malah tambah gendut ! haha :D
berawal dari nekat-nekatan, sekarang hamsterku udah berkembang biak loh. haha. pertamanya ndak pernah nyangka juga kalau hamsterku akan hidup selama ini, haha. abisnya, temen-temenku suka doain yang nggak-nggak si buat hamster-hamsterku .. taunya, pas liburan semester kemaren, kan hamsterku aku titipin di penitipan hamster. terus, pas masih di balikpapan, mbak-mbak yang di punya penitipan sms aku.
mbak-mbak penitipan hamster (mmph) : bany, hammie kamu kayaknya hamil deeh..
aku : hah ? masa' sih mbak ??
mmph : kayaknya sih gitu bany..
aku : hokelah mbak, haha. aku ndak tau juga kalau dia hamil. biarin aja sudah mbak..

tiga hari setelahnya, aku pulang ke jogja.. tapi karena si ibel belum pulang ke jogja, jadi aku ndak bisa ambil hamster di Hamster Warrior (ini nama penitipan hamsternya). eh, ndak lama aku pulang di jogja, mbak-mbaknya sms lagi..
mmph : bany, hammie mu melahirkan loh..
aku : AAPPAAA ??*shock* berapa anaknya mbak ?
mmph : 5 kayaknya bany, aku belum bisa liat, soalnya di kelonin sama mamaknya.
aku :ASTAGPIRULOO !! *semaput* banyaknya mbakk.. gimana aku ngurusnya ??

setelah beberapa hari, mbak-mbak hamster warrior sms lagi..
mmph : bany.. anak hammie mu mati dua nih kayaknya ..
aku : hah ?? kok bisa mbak ? kesiannya . *padahal dalam hati bersyukur, tanggungan berkurang , haha.
mmph : ini, mboknya ndak mau ngurusin ..
aku : ??

haha, jadi ceritanya begini, si nini itu masih ababil alias abg labil. masih belum siap punya anak.. masih pengen mainan.. ee kenapanya sudah dikawinin sama mumu.. jadi, pas punya anak, masih suka panik, belum ngerti gimana ngurus anak. anaknya malah ditinggal mainan kincir, sama ditinggal bobok di dalam rumah.. alhasil, mati dua anaknya.. abis itu, mainannya dilepas semua sama mbak-mbak di hamster warrior, jadi si nini mau ndak mau belajar ngurus anak. hahaha.

sudah berapa lama gitu, aku ambil lah si mumu, nini, dan tiga anaknya dari hamster warrior. kembali ke kos.. pas pertama liat anaknya itu, iihh ! serem ! merah-merah ndak ada bulunya, terus matanya titik item gitu, iih ! kayak alien gitu deeh mereka. ih ! serem abis lah pokoknya ! aku aja sempat ilfil kok ! tapi pas udah dua minggu.. unyyyuuu ~~ lucu banget deh mereka ! hahaha. aku aja langsung betah di kos, gara-gara anak-anaknya si mumu nini, udah tumbuh bulu gitu. jadi, kalau hamster umur dua minggu, udah bisa dipisah dari induknya, udah tumbuh bulu, matanya juga udah melek.. imut-imut banget lah pokoknya ! rasanya ndak mau pisah gitu, haha :P
terus aku bingung kan kasih nama sapa .. pertamanya mau dikasih nama joni, jono, jontor. tapi kok kayaknya ndeso banget yoh? hahaha. pas udah agak gedean dikit, keliatan deh warnanya apa-apa aja. jadi aku kasih nama mereka sesuai sama warna bulunya, haha.
yang pertama aku kasih nama cite. kenapa cite ? itu kepanjangan dari CI whiTE. karena warna bulunya putih.. terus cilo, kepanjangan dari CI yelLOw, ini turunan golden nya nini. terus ada ciparo. kenapa ? karena warnanya ndak jelas, separo putih separo kuning. ini itu dari kata separo (setengah), dibuat unyu jadi ciparo, haha *4L4Y.
sekarang, hammie-hammie ku udah pada gede.. si mumu aja kayaknya udah bikin dedek lagi sama nini. huuh, mereka itu, punya anak tiga aja ndak bisa ngurus, udah buat dedek lagi.. terus si cite, cilo, ama ciparo udah jadi hamster autis sekarang.. udah bisa naik turun perosotan, mainan kincir, bahkan sekarang mereka udah bisa jadi tarzan-tarzanan (gelantungan di kandang bagian atas mereka gitu).

kemaren, nemenin si norma (pacar aan) beli hamster. haha, aku berhasil mem-persuate orang-orang buat peliara hamster juga. terus, pas nemenin norma beli hamster, ada hamster tipe syria gitu.. dia bulunya panjang kayak anggora gitu.. ii langsung kepincut deh aku, haha. akhirnya, kemaren aku nambah hamster lagi deeh.. terus, aku kasih nama dia ROCKY ! weew, sangar kaan. padahal hamsternya pendiem, haha. cuma gara-gara bulunya ngembang kayak rok gitu, jadi namanya ROCKY :P

buat temen-temen, kalau mau cari peliaraan yang gampang, mending peliara hamster aja. nggak terlalu repot kok. lucu lagi kalau liatin mereka main.. terus kalau liat kelakuan mereka yang aneh-aneh.. uh, lucu banget deh sumpah. ngegemesin banget lagi ! pengen dikremes aja rasanya, haha.
makannya juga gampang kok, tinggal dikasih biji-bijian doang, atau nggak kasih jagung, atau kecambah.. negebersihin kandangnya juga gampang.. nggak ribet-ribet banget deh.. coba deh, temen-temen peliara hamster, pasti ketagihan :D

0 comments:

Post a Comment