Monday 18 April 2011

kenangan uan + uas

kalau saat ini lagi buka jejaring sosial seperti facebook atau twitter, pasti semua temen-temen yang sekarang kelas 3 sma/smk statusnya lagi pada ngomongin tentang UAN alias ujian akhir nasional yang bakalan berlangsung besok. ada yang isinya minta maaf sama semua yang pernah disalahin supaya besok UAN-nya lancar. ada juga yang berdoa sama Tuhan supaya besok yang ngawas nggak killer. ada juga yang berdoa supaya besok kertas kerpek'an nya nggak ketinggalan. heheh. lucu.
yang bikin tambah lucu, temen-temen yang udah pada lulus taun kemaren, juga pada ikut-ikutan pasang status semacam itu.
"aduh, besok UAN. belom belajar! x("
buset, udah lulus juga, masih pada mau eksis, hahaha.



tapi nggak sedikit juga yang pasang status buat ngasih dukungan ke adek-adek kelasnya, dan berbagi sedikit "tips" buat uan besok, seperti status yang aku buat di akun facebook ku :
"‎satu koin bisa menyelamatkan prita dari tuntutan pengadilan . satu cangkir teh sariwangi bisa memaafkan kesalahan . satu rupiah bisa buat kirim sms . dan satu jawaban dari teman saat UAN bisa menyelamatkan kelulusan .
selamat berjuang buat UAN besok yaa .. gaboleh nyontek , tapi kalau kepepet boleh tanya teman :D"

ternyata jangka waktu satu tahun itu pendek sekali ya. nggak terasa banget, satu tahun lalu aku ada di posisi teman-temanku yang sekarang UAN itu. hahah. masih ingat deh gimana prosesi UAN + UAS di zamanku yang teramat sangat hao hao itu.. mari kita kembali ke satu tahun silam .. wwuuusshhhh http://www.emocutez.com

kalau ingat masa-masa sebelum UAN, yang paling bikin lucu itu perbedaan antara apa yang dilakukan teman-temanku di SMA dan teman-temanku yang satu sekolah sama aku alias SMK. di saat semua teman-temanku yang ada di SMA sudah mulai sibuk belajar ini itu, memadatkan jadwal dengan ikut les dan bimbel di sana sini, bawa buku latihan UAN+UAS ke mana-mana (kelas, kantin, kamar, wc, dll), aku dan teman-teman seperjuangan di SMK malah masih asik cekakakan di depan kelas. masih bisa main domikado kalau nggak ada guru, masih bisa baca komik dan novel yang jelas nggak bakalan keluar pas di UAN atau UAS, masih bisa kelayapan ke bioskop atau mall sama pacar atau teman, dan yang pasti, bukannya memperbanyak latian kerjain soal-soal UAN dan UAS, kami dulu malah memperbanyak kegiatan narsis di sekolah. haha, alibinya sih waktu itu biar ada yang dikenang waktu masih pakai seragam putih abu-abu. oh, so sweet sekali yaa http://www.emocutez.com

kalau teman-teman yang di SMA mulai bertambah jam sekolahnya (dari pagi sampai sore menjelang malam) karena ada tambahan bimbel dari sekolah, nggak sama halnya dengan apa yang dialami teman-teman di sekolahku. kalau bel pulang sekolah udah bunyi, nggak pakek ba bi bu, langsung pada wwuuusshhh~~ pergi ke lapangan parkir buat ambil motor dan lalu ngeeenngg~ pulang, ganti baju, makan, tidur !

kalau temen-temen di SMA, sekolahnya masing-masing udah mulai pada sibuk ngadain try out, dengan soal try out yang dibuat sama gurunya sendiri dan diambil dari berbagai macam sumber. alasannya supaya siswanya bisa ngadepin soal bagaimanapun modelnya. mulai dari yang soalnya jelas ketebak gimana hasilnya seperti font arial black, sampai soal model font curlz : melungker-lungker bikin pusing.
sedangkan sekolahku? hehe, try out itu cuma ada tiga kali cuy! pertama, ada sebuah tes, yang aku lupa namanya tes apaan, hehe. kalau nggak salah itu tesnya dari provinsi. terus yang kedua, pra uan dari pemkot. terakhir, pra uan nasional .. udah. cuma tiga kali belajar menghadapi kondisi UAN. dan aku masih ingat banget, dulu wali kelasku suka bawa soal-soal UAN dari tahun-tahun jaman jebot. dan teman-temanku itu pada rebutan gitu ngambilnya kayak rakyat jelata yang rebutan daging kurban, karena jumlah soalnya nggak sama dengan jumlah muridnya. terbayang kan, gimana hancurnya persiapanku ngadepin UAN ?? http://www.emocutez.com

akhirnya, tiba deh masanya aku dan kawan-kawan untuk bertemu dengan soal-soal UAN. padahal, nyata sekali kami nggak siap sama yang namanya ngadepin UAN. waktu itu kami pada ngeluh..
"buset! kok udah UAN aja sih?? belum persiapan nih!"
haha, padahal ya memang salah kami sendiri sih, nggak mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. tapi ya, mau gimana lagi, siap ga siap, mau ga mau, musuh bernama UAN sudah ada di depan mata. harus dihancurkan! walau hanya dengan senjata macam bambu runcing dan sarapan kerupuk, tapi kami harus bisa menang! *semangat dan nekat! http://www.emocutez.com

persiapan dan bekal untuk UAN boleh saja ecek-ecek. tapi trik yang udah disusun doong.. mantep. haha. aku dan teman-teman sepakat, nggak boleh nyontek, tapi boleh nanya. haha. nyontek artian di sini, ngasih jawaban via kertas, atau tisu, atau apa aja. lebih baik tanya langsung sama teman. banyak alasannya. kenapa?
1. kalau nyontek, jelas nggak bisa ngelak karena ada buktinya. tapi kalau tanya jawaban dan seandainya ketahuan, bisa ngeles "mau pinjam rautan bu, hehe *garukgarukkepala".
2. kalau nyontek itu jelas dilarang, dan sebagian orang nggak suka kalau kerjaannya dicontekkin (biasanya kalau nyontek cenderung nggak diketahui sama pemilik jawaban). tapi kalau nanya, kan berdasarkan asas kekeluargaan, "katanya saudaraaa... masa kasih jawaban aja nggak mau.."

karena soal UAN udah mulai canggih, pakai kode A dan B, jadi siswa nggak bisa nyontek ke samping. tapi akal nggak akan pernah habis. nggak bisa nyontek ke samping, set, mereng dikit udah dapet temen yang kode soalnya sama. kalau temen yang posisinya serong nggak tau jawabannya, masih bisa nanya teman samping, walau harus ngelewatin satu teman yang soalnya beda. nah! teman yang soalnya beda, yang duduknya menghalangi dengan target jawaban ini HARUS MAU bantuin manggil temen yang di sampingnya. soalnya, kan jaraknya agak jauh tuh, terus pengawas juga kupingnya udah pada dikorek pakek linggis, jadi suara sepelan suara semut pun bisa didengar! jadi, kalau mau manggil teman yang ada di seberang harus ekstra pelan. berhubung temen-temen ini kuping pada congek semua, maka teman yang di tengah harus bantu manggilin. kalau nggak mau, ancemannya agak serem sih.
"pokoknya besok harus saling membantu ya! kita kan saudara.. kalau ada yang nggak mau bantuin, mati ngubur sendiri!"

UAN selesai, masih ada UAS yang mengahadang surat kelulusan sampai di tangan. trik UAS ternyata lebih menggila lagi daripada UAN. haha. bayangkan, waktu semasa UAS itu, lapak kerja sama diperluas, nggak cuma dalam satu kelas atau satu sekolah. tapi satu balikpapan kerja sama. hahaha. jadi, kalau mata pelajaran kewirausahaan, atau IPS, SMK-SMK cewek (sekolahku itu STM , cuma karena persamaan strata jadi SMK) itu udah pada dapat soal dan jawaban dari guru. untungnya, cowok-cowok sekolahku ini banyak yang punya pacar di SMK-SMK itu. jadi, lumayan lah, dapat bocoran soal. tinggal fotokopi, hapalin jawabannya, besok udah lancar UAS-nya http://www.emocutez.com

sampailah jadwal UAS mata pelajaran kimia dan fisika. oh may god.. ini mata pelajaran yang paling super duper sulit! biar belajar satu abad pun nggak akan sanggup otakku. tapi ternyata.. aku bisa ngerjain UAS kimia dan fisika tanpa harus baca soal! wuhuuu .. http://www.emocutez.com bangga banget.
gimana nggak, lima menit soal UAS dibagikan, hape langsung getar.. jawaban 1-40 udah ada di sebuah sms. dan jawaban itu akurat, soalnya yang ngerjain pakar fisika di balikpapan, haha. yaudah deh, santai aja. cuma bolak balik soalnya, baca cepat soalnya, terus masang wajah sok iye , "ah, segini ajakah soalnya?"
abis itu taroh soalnya di pojok meja dengan posisi terbalik, taroh hape di atas rok, titik-titik-in lembar jawaban sesuai jawaban yang di sms, forward jawaban ke semua teman, masukin hape di kantong, terus tinggal bulat-bulatin lembar jawaban sampai selesai. kumpul deh! super deh aku sama teman-temanku, ngerjain UAS fisika cuma 10 menit! hohoh. kami memang TOP ! http://www.emocutez.com

kejahiliyahan semasa UAN + UAS itu memang nggak akan bisa terlupakan. masih teringat jelas ketika ada suara-suara hantu lewat, haha. jadi kan kalau mau manggil temen harus pelan gitu.. dulu ada temenku yang namanya amy, dia satu kode soal sama lia.. kalau mereka udah mulai aksi "kerjasama" pasti ada suara-suara gaib..
"aaammmiii.." dengan suara pelan dan serak-serak dengan tone yang horror super. aku dulu suka ngakak kalau dengarin mereka udah mulai panggil-panggilan.

setiap lima menit sekali, di tengah-tengah sibuknya ngerjain soal ujian, pasti aku ngangkat kepala, ngedarin pandangan sekitar, siapa tau ada yang membutuhkan pertolongan. waktu nyampe di titik kursi paling belakang, tempatnya si ijul, pasti dia udah ngacungin jarinya ngasih kode buat nanya nomor berapa. hahaha..

di saat aku udah nggak ngerti mau jawab apa, dan yang lain pada sibuk sama ujiannya, aku cuma bisa nyanyi buat nanya jawaban..
"tolong, lihat aku, dan jawab pertanyaanku..."
langsung semuanya pada noleh, aku cuma nyengir dan ngacungin jari, kode soal nomor berapa. haha, ide buat mencapai sebuah kesuksesan memang nggak akan pernah habis..

dan yang paling diingat itu waktu ngerjain fisika, kimia. karena udah tau jawabannya, asik aja lah ngebulet-bulet-in jawaban, tanpa baca soal. eh ada yang nyeletuk di belakang, "wah! bany hebat banget loh! laju ngerjainnya, nggak baca soal lagi.."
ahahahaseemm.. kerjaannya si ijul tuh! uh, rasanya pengen ku lepak-lepak jidatnya yang lebar ituuu http://www.emocutez.com
pas aku noleh, dia cuma cengar cenger kuda, yang lain pada ngakak.. ggrrrr... pengawasnya noleh ke aku, dan aku juga nyengir kuda, abis itu ngambil soalnya, sok baca soal dan corat coret soal. ceritanya sih ngitung, padahal cuma ngegambar bola kusut, wakakakak.

selesai UAN + UAS, akhirnya bisa bernafas lega. dan alhamdulillah, teman-teman sekelasku pada LULUS semua, uhuu uyee, bahagia banget deehh http://www.emocutez.com
udah langsung pada pelukan aja .. loncat-loncat senang.. abis itu pada ngabur ke jalan, makan-makan. hahaha. uh, jadi kangen bebeb bebeb unyu warrior deh, hihihi .. miss u guys so much , muah http://www.emocutez.com

buat yang besok ngadepin UAN, semangat yaa.. mari bangun rasa persaudaraan yang tinggi. jangan pelit sama saudara sedarah.. kan nggak seru kalau lulus sendirian, nggak ada teman yang bisa diajakin buat ngerayain kelulusan nanti, heheh (ngajarin yang nggak bener ini).
inget loh, kalau nggak mau saling bantu...
MATI KUBUR SENDIRI
, ahahahah..

good luck yaaa .....
http://www.emocutez.com

2 comments:

  1. tersesat dimari.. salam kenal... :)

    ReplyDelete
  2. agagag .. semoga tidak menyesal telah tersesat di sini, hihi ..
    salam kenal :)

    ReplyDelete