Sunday 17 April 2011

membuang diri eps. daftar kuliah

yang namanya orang tua dan keluarga, ternyata merupakan hal yang paling penting dalam hidupku. aku baru sadar akan hal ini setelah pada akhirnya aku membuang diri dari orang tua (membuang atau dibuang ya? hahah)

sebelumnya, nggak pernah terpikirkan dan terbayangkan kalau aku harus hidup merantau. karena aku tau, hidup merantau itu nggak enak, makanya aku nggak mau, hahahah. hidup itu cari aman aja yakan http://www.emocutez.com
hingga akhirnya, aku ada di penghujung masa SMA. masa yang paling berwarna warni di hidupku. ada warna pelanginya, tapi ada juga warna awan mendungnya.. awalnya, aku nggak mau kuliah selepas sma (smk ding). karena banyak tawaran kerja waktu itu.. eh taunya, si komandan yah maksa nyuruh kuliah aja. yaudah deh, mulai searching soal penerimaan mahasiswa baru di UGM. karena memang udah dari jaman jebot pengen banget kuliah di UGM (entah mengapa).


setelah dapat info-infonya, udah mulai ngurus ini itu buat pendaftaran kuliah. masa itu, sekolahku yang hao hao itu sama sekali nggak ada pedulinya sama masa depan murid-muridnya. jadi semua-semuanya harus ngurus sendiri. jangankan untuk nguruskan kuliah murid, proses persiapan diri untuk menghadapi UAN aja nggak ada! http://www.emocutez.com

selesai semua proses pendaftaran kuliah, tinggal nunggu waktu untuk tes. waktu itu, aku nggak ada persiapan sama sekali buat tes UGM. beh, gaya kan? serasa tesnya itu kayak bungkus kacang aja gampangnya. pokoknya bekalnya cuma niat dan pasrah. haha. ternyata, pas sudah hari H tes masuk UGM, pas liat soalnya... masya allah! susah'e puol! http://www.emocutez.com mau mati rasanya. judul soalnya sih "matematika dasar". tapi ternyata, dasarnya itu dasar samudera loh. daleeemmm banget! akhirnya aku ngerjain itu tes nggak pakek baca soal. soalnya aku tutup, ngisi jawabannya sesuka hatiku, hahah.

setelah selesai tes, aku nggak mau ingat-ingat kalau aku abis ikutan tes yang menggila itu. udah pesimis lah, kalau bakal keterima. jadi, daripada sakit hati, mending kita lupakan. oke.
setelah seminggu, hasil tes keluar. pengumumannya lewat website gitu. karena aku sudah membuang memori aku ikutan tes UGM itu ke TPA otakku, jadi aku nggak ingat sama sekali. akhirnya, seorang saudari SMP, yang bernama aisah yang mengingatkan.

aisah : te (doi manggil aku "cute" gara-gara dulu akunya narsis abis suka menggunakan kata "cute" di belakang namaku. sumpah, alay banget dulu gue yaa), udah ngecek hasil tes UGM belom?
aku : hah !? hari ini yaa? hahaha, aku nggak berani saah.. atut, kamu aja yang ngecekin gimana?
aisah : okelah, berapa nomor ujianmu?
aku : bah, nomor yang mana??
aisah : yang di kartu peserta tes, dodol..
aku : sek sek, aku cari kartuku dulu. aku sudah lupa taroh mana. jangan-jangan tebuang, gyahahaha.

abis aisah sms gitu, baru deh aku obrak abrik kamar nyari kartu peserta. sumpah, aku udah lupa taroh mana. kan aku udah niat nggak mau ingat-ingat kalau aku ikutan tes UGM. untungnya, kartunya ketemu. langsung sms aisah.
aku : saaahh .. ni nomornya 2110400016
aisah : sebentar..
aku : oke oke, makasih yoo..

aku ngelanjut bantuin mama masak. walaupun sebenarnya pikiran melayang entah ke mana, jantung dagdigdug, kepala pusing.. hwoo.
akhirnya, beberapa menit kemudian hapeku yang memang sengaja aku taroh kantong celana getar. aku yakin itu sms dari aisah yang isinya pasti hasil tesku : keterima atau nggak keterima.
aku nggak berani langsung buka.. tarik napas dalam-dalam, baru berani buka.. bukanya pun aku tutup mata dulu, hahahah. setelah yakin aku akan siap nerima apapun hasilnya baru aku buka mata pelan-pelan, dan lalu mulai membaca.

aisah : te, kamu keterima kok, hehe. sastra inggris. congratz ya sist :)

aku diem abis baca smsnya aisah. nggak percaya. baca ulang. siapa tau sebelum kata "keterima" ada huruf "g" nya. ternyata nggak ada. oh, sapa tau minus mataku nambah. baca lagi. masih nggak ada. aku nunjukkin smsnya ke mama. mama cuma bilang : waaahh , alhamdulillahhh.. selamat yaa !
aku masih bengong. abis tu bilang "MAMA! AKU KETERIMA UGM! yeeeyyy!" (sumpah telat abis!)
berasa ada sorot lampu dari surga yang menerangi, bintang-bintang berjatuhan, hujan bunga-bunga, musik riang gembira mengalun, dan aaahhh... nggak ada kata yang bisa digunakan buat mengungkapkan batapa bahagianya waktu itu. pengen joget-joget aja rasanya http://www.emocutez.com

abis itu, ikutan tes wawancara. alhamdulillah lolos juga. dan akhirnya aku udah dinyatakan positif sebagai calon mahasiswa baru fakultas ilmu budaya universitas gadjah mada jurusan sastra inggris. yuhuu.. padahal tau nggak, UAN+UAS pun belom. eeh udah keterima kuliah. heheheh.
udah aman-aman aja kan aku.. udah enteng aja rasanya menyambut kelulusan sekolah. akhirnya, waktu pun sampai di saat aku menerima surat kelulusanku. tambah senang dong yaa.. tapi lama kelamaan kok agak berasa aneh.. semakin cepat waktu berjalan, akan semakin cepat juga aku bakal pisah sama keluarga. ahhah, odong sekali lah. aku itu nggak sadar, dengan keterimanya aku di UGM, tandanya aku mesti hidup terpisah dari orang tua! alamaakk.. kenapa nggak terpikirikan sebelumnya.. 17 tahun aku hidup barengan orang tua, saudara, keluarga. dan sekarang harus hidup sendirian?? sanggup kah aku ini ?? bodo naa yaa ...
tinggal sama orang tua aja hidupku masih luntang lantung.. gimana hidup terpisah? ukkkhhh .. http://www.emocutez.com

3 comments:

  1. wekss.. ada namaku ternyata. wkwk
    tu smsmnya amsih kamu simpan kh te?

    ReplyDelete
  2. wah masih kesimpen? aarrghh... smsku dulu udah nggak tahu dimana... ponselnya eror maksudnya..

    ReplyDelete