Tuesday 26 July 2011

komandan pun meraih cita-cita tertingginya

.. postingan ini masih nggak jauh-jauh tentang salah satu anggota keluargaku yang paling gahooolll ..

setiap manusia itu pastinya punya cita-cita yang ingin diraih semasa hidupnya di muka bumi ini. cita-cita dalam hidup, nggak menutup kemungkinan ada lebih dari satu. bagi orang-orang tertentu, cita-cita itu adalah sesuatu yang wajib untuk diperjuangkan selama nafas masih berhembus, nyawa masih berada dalam raga, jantung berdetak, dan uang masih di dompet #ndaknyambung!
begitu juga sama dengan komandan sayangku itu. biar udah tuir tuir keladi tapi masih tetap necis, doi juga punya cita-cita yang tinggi, keren, oke punya, dan gaol geellaa! http://www.emocutez.com

setelah hidup bersama kurang lebih selama 18 tahun, aku pikir komandanku ini sudah mendapatkan semua yang doi mau, doi impi-impi-kan, dan doi sudah jadi apa yang doi cita-cita kan dari dulu. aku pikir, cita-cita komandan ini cukup menjadi pengusaha, menjadi pemimpin rumah tangga yang baik, menjadi sponsor utama kehidupan keluarga mungilnya, dan menjadi hamba Tuhan yang (insya Allah) taat. tapi ternyata, semua dugaanku itu salah. ternyata masih ada satu cita-cita terselubung komandan yang nggak ada satu orang pun tau, bahkan mama (penekanan biar dramatis #PLAK), dan terkuak baru-baru ini (jeng jeng jeng #backsoundsilet)


bermula dari sebuah chating-an ku dengan si gomes (ini bukan nama sebenarnya, dia juga bukan orang Italia tapi keturunan Cilacap tulen. gomes adalah panggilan kecil, semacam.. umm.. let me think.. itu semacam singkatan mungkin. gomes adalah... umm... singkatan dari.. hm.. Goblok Mesum(!? ) http://www.emocutez.com #ditampolgomes) di sebuah siang yang terik di kota gudeg ini (tapi di kamar gue adem dong ya kan.. kipas gede muter-muter di pojokan kamar, haha) yang menggemparkan seluruh isi hati dan memporak porandakan isi otakku #apasih. bermula dari siang-siang bolong nggak ada kerjaan yang membuatku menyolokkan kabel chrager laptop ke stop kontak, pejet tombol power laptop, nyolok modem ke slot USB, klik connect button, dialling-connecting-authenticating-authenticated-connected! langsung pilih first shortcut di google chrome = twitter, dan lalu the second shortcut = facebook. baru beberapa menit menjelajah dunia maya, tiba-tiba chating-an si gomes nongol di facebook. begini kira-kira :
g (gomes) : cit (doi manggil aku buncit - panggilan sayang - #ngelesgagal), udah tau berita terkini belom?
b (bany beautiful #PLAK) : hah? apaan? kagak tau ndut (stands for gendut)
g : bos baru beli motor.
b : bos siapa yak? (santai, tapi ada backsound tegang mulai terdengar, kayak backsound waktu Mr. Crab mancing dolar yang mau di makan kerang raksasa di serial spongebob)
g : bos mu lah!
b : Oh my God. motor apaan? (feeling ga enak)
g : 250..
b : WHAT!?! NINJA?!?!?! #SHOCK
g : bukaan.. CBR..
b : oohh (hela nafas) WHAT!? (masih tetap shock) CBR 250!?
g : yo'i...
b : ya Tuhan. sumpah demi apa deh???
g : demi mengejar cita-cita..

jeng jeng.. akhirnya, kini ku sadari.. ternyata komandan itu niatan jadi pembalap dan baru sekarang kesampaian? umm.. mungkin bisa diralat, dari dulu komandan ini sudah jadi pembalap. pembalap dalam artian lain.. "pemuda berbadan gelap" #eeaaa..
dan.. ya ampun.. ya Tuhan.. dulu memang si komandan ini udah sering kompor-kompor-in aku kalau liat motor dengan cc 250. dulu kan yang pertama keluar itu punya nya Ninja, terus yang paling terbaru ini CBR.. nah, doi dulu pernah bilang begini..
k : Nur, Ninja 250 keren ya??
b : ho'oh, Ndan..
k : apalagi kalau bapak yang pakai.
b : *ngelirik* umm.. ho'oh deh..
k : kamu mau kalau bapak belikan?
b : kenapa ndak tawarin pesawat aja sekalian? tau aja anaknya cuma bisa bawa motor matic..
k : haha, yasudah bapak aja yang beli kalau gitu. pasti tambah gagah, banyak cewek yang minta bonceng *menghayal sambil ada bunga-bunga jatoh*
b : ummmm *mulai berfikir untuk masuk kamar dan tidur*
k : abis itu bapak ikut club motor, tiap malam minggu nongkrong di melawai sama mama, kamu sama abing jaga rumah
b : *beneran ambil selimut terus kemulan*
k : eh tapi kalau ninja udah banyak yang punya.. tunggu CBR aja ah. kan katanya CBR juga mau keluarin 250..
b : *mimpi naik kuda sama pangeran*

aku pikir waktu komandan ngomong begituan, itu hanyalah omongan belaka, khayalan bapak-bapak yang mulai agak stress anak gadis pertamanya bakal ngerantau di pulau seberang. ternyata eh ternyata, dodo'e eh dodo'e.. itu adalah khayalan yang akan dijadikan kenyataan, saudara saudari! oh ya Tuhan.. aku belum liat gimana rupanya itu orang kalau bawa motor barunya. dulu aja aku pernah digonceng doi dengan motor tiger tebengan dan aku berasa naik jet coaster berangkat sekolah. seragam tekeluar, dasi terbang entah ke mana, untungnya hidung dan bibir masih berada di tempatnya. dan sekarang doi punya 250 sendiri.. mmm.. mungkin waktu sampai tempat tujuan rupaku nggak akan jauh beda sama komeng http://www.emocutez.com

habis dapat kabar kalau komandan punya peliaraan baru, aku langsung ambil hape dan sms..
"colek dulu CBR barunya..."
aku sms siang, eh baru delivered magrib (alamakjan). terus doi balas "yes. but Mom is in rumah nenek" (kalau gabisa bahasa inggris mending gausah kali, Ndan http://www.emocutez.com )
"lah? jadi mama ndak tau ini ceritanya?"
"tau lah.. kan datangnya kemaren.."
habis itu aku nggak ada ngebales sms nya si komandan lagi. biarkan dia bersenang-senang di sana, tinggal serumah hanya berdua dengan CBR barunya, dan ikut mengucap syukur di Jogja. semua tenang, semua aman, dan semua senang. tapi ternyata ketenangan itu hancur di esok paginya. kehebohan komandan yang punya motor baru ini berdampak ke aku. terbukti doi yang telepon pagi-pagi cuma buat minta carikan jaket kulit. okelah, kebeneran ada temen yang pulang dua hari setelah komandan pesan jaket. jadinya, aku mesti cepat nyari jaketnya. akhirnya aku pergi ke toko yang ngejual barang-barang branded KW super. nyari jaket kulit yang sesuai sama pesenan si komandan : "bahan kulit, warna hitam, tebal, press body, jangan yang molor biar gagah dipakai sama bapak"
akhirnya ada pilihan yang menurutku oke, aku foto dan kirim via email ke doi beserta rincian dana. pagi-pagi doi udah sms lagi "bapak udah transfer uang, cepet belikan jaketnya ya!" abis dapet mandat dari tetinggi negara, aku langsung mandi dan cabut lagi ke toko KW super tadi. nyampe sana, naik lantai dua, senyum-senyum sama mas-mas cakep yang bertebaran, nuju ke outlet jaket kulit, cari - cari -cari, dan jaket yang dimauin sama komandan sudah R.A.I.B! yaelah... ini jaket nyusahin aja. akhirnya aku telepon komandan ..
b : Ndan, jaketnya nggak ada nih. udah sold out.
k : astagaaa *kecewa berat* yaudah cariin yang lain..
b : umm.. ada nih yang lain.. mirip mirip gitu..
k : bagus?
b : lumayan..
k : berapa harganya?
b : 210ribu..
k : yang kemaren?
b : ummm.. 270ribu.
k : ah, nanti ga bagus itu. carikan yang kurang lebih kemaren harganya!
b : *dalem hati* astagaaa.... rega nggawa rupa, ckckck
k : oke?
b : hehe. mau nunggu nanti gak? kakak carikan di manding aja. nanti di titip sama ibel..
k : ibel kapan pulang?
b : dua minggu lagi.
k : ah lama.. udah carikan di situ aja, terus titipin sama temanmu, kan besok dia pulang.
b : okelah #nyerah.
akhirnya, setelah perjuangan panjang, pemilihan yang berat, diputuskanlah jaket yang bakal dikirim buat komandan. sesuai dengan apa yang doi mau : hitam, tebal, bahan kulit, nggak molor biar gagah, dan... harga nggak jauh beda dari yang kemaren.

dua hari setelah komandan telepon bilang barangnya sampai, aku sama mama telepon-telepon-an malam-malam. ternyata, si mama nyeritain hebohnya komandan dengan motor barunya *ya ampun, kenapa bisa punya bokap seheboh ini*
m (mama) : kak, si bapak kemaren abis belanja loh..
b : hah? belanja apa?
m : belanja banyak.. jaket, sepatu.. dia titip jaket sama kakak kah? #menyelidik
b : iya. udah gitu cerewet lagi, Ma. maunya yang item, bahan kulit, gak molor biar gagah dipakainya sama dia, dan harganya yang.. wow.
m : haha.. masa dia pamer sama mama waktu mama pulang dari samarinda.
b : haha. pamer kayak apa?
m : dia bilang "Aku punya jaket baruuu" (niruin suara komandan pamer) "beli di Jogjaaa" (masih nada pamer)
b : haha. baru mama bilang apa?
m : baru mama tanya "siapa yang belikan?" terus dia jawab "aku beli sendiri dong! kamu kemaren ke samarinda seminggu, aku ke jogja tiga hari" (#PLAK! boteknya komandan ini!)
b : hahaha, tukang kibul suami mama itu.
m : bapakmu itu!
b : oh iya lupa haha..
m : baru habis itu masa dia nyobain jaketnya pas masih pakai sarung abis solat magrib di mesjid, terus dia bilang "gagah kan aku, Neng?" baru mama iyakan aja biar nggak kecewa *hahaha, jahatnya mama ini*
b : jdeer, haha. bagus kah jaketnya sama dia ma?
m : ho'oh, bagus kok. ngepress gitu di badannya. gagah 'katanya' (ditekan)
b : wakakakak. mama sudah naik motor baru belum? belajar sana, kalau ndak nanti kakak aja sudah yang belajar!
m : belum.. orang ada adekmu juga. susah mau jalan betiga naik motor itu.. mana adekmu sekarang gaya betul lagi kalau mau sekolah nggak mau lagi dia diantar pakai vario. "Pak, naik motor gede aja ya" begitu katanya. mama lucu kalau liat mereka naik motor itu. yang di depan gendut, yang di belakang gendut, baru duduknya harus nyendok, kayak dua buntelan apaaaa gitu.
b : wakakakakak.. *ngakak bayangin dua buntelan kasur naik motor CBR* bagus kah motornya ma? *katrok*
m : bagus kok.. baru sedikit yang punya itu, kemaren aja bapak belinya inden..
b : pasti nyerobot punya orang lagi.
m : haha, tau aja kamu. iya lah. sibuk nelepon orang dealer nya nanya kapan datang. sampe orang dealernya bilang "iya, Pak. sabar ya, Pak. nanti kalau datang dikabarin kok"
b : astaga, ndak berubah haha..
m : iya. baru abis tu, kata bapakmu pas nunggu motornya datang begini "Neng, nanti kalau motornya datang kamu bawa sudah. pakai jeans ketat, jaket ketat, baru helm yang full face. nanti sampai melawai, depan cowok-cowok kamu buka helm nya baru kamu kibas-kibas rambut"
b : wakakakakak.. waha, mama mimpi apa punya suami begitu?? *ngakak
m : ndak tau tuh, mama disuruh jadi orang gila.
b : haha, terbang kutu itu ma..
m : haha. baru katanya dia mau masuk geng motor..
b : alamakjan. astaga, saingan sudah ini nanti malam minggu. kakak disuruh jaga rumah, komandan sama mama pergi malam mingguan.
m : haha, ya nggak mungkin lah..
b : satu yang pasti, Ma .. kita lebaran nanti pasti keliling naik motor!
m : kayaknya sih gitu, kan biar cepat.
b : ASTAGA! jual aja sudah motornya lagi, Ma!
m : haha. mana bisa..
b : *dalem hati* ya bener mana bisa. mau ditalak tiga sama komandan haha #ndakmungkin.

sampai sekarang aku masih belum liat gimana bentuknya si komandan kalau lagi bawa motornya. pasti nanti kalau aku pulang akan heboh seheboh-hebohnya (apalagi kalau motornya aku naikin terus aku tabrakin pagar, pasti HEBOH! http://www.emocutez.com )
tapi aku turut senang deh.. akhirnya si komandan kesampaian apa yang dimauin haha. asal komadan senang, kenapa aku harus sedih ya kan :) I'll behind you to support all you do, my sweet father. God bless you and your new vehicle, miss you muah http://www.emocutez.com

1 comment:

  1. waudowh..... mending kalo komnadan u yang kayak gitu. aku malas sayangku (mamaku), setelah ngirimin aku motor malah ngotot mau beli satria yang baru. :)

    x_X

    ReplyDelete