Friday 15 July 2011

keluarga bahagia - part komandan sayang komandan bambang (part 2)

part 2? hmm.. yang pertama udah kepanjangan aku rasa, haha. baru aku sadari, ternyata komandan itu sumpah konyol banget ya? sampe-sampe, kalau ditulis langsung kerasanya panjang banget.. sengaja aku pisah.. soalnya.. masih banyak yang mau diceritakan! haha.. kali kali aja, aku bisa buat buku isinya soal komandan semua kali yak? buku komedi, wahahaha *alamakjan http://www.emocutez.com

komandan ini, orangnya nggak pernah mau ngalah sama yang namanya anak muda. sepupu aku yang namanya gomes itu, seneng banget belanja barang-barang distro tapi yang BM (black market). maklum lah, barang kayak gituan kan lumayan miring harganya daripada aslinya. nggak lama, si komandan nanya sama aku, "Eh kak, BM tuh di mana sih?" | "Ha? deket SMA * katanya, Ndan.. kenapa?" | "Ke sana yuk.. mau liat-liat barangnya"
hih? ndan, sumpah di sana nggak ada yang buat bapak-bapak! tapi yaudah deh, demi menyenangkan ayah tercinta, akhirnya aku temanin deh si doi ke toko BM itu. pas udah nyampe sana.. doi sibuk milih sepatu. terus, abis itu milih sendal juga. nggak nanggung banget loh ya, semuanya yang merk-merk terkenal. alamakjaaan.. bokap gue belanjanyaaaa http://www.emocutez.com

pernah lagi waktu itu mainan ke mall yang baru dibuka di Samarinda. terus, ada toko baju yang yah, brand nya bisa dibilang baru masuk ke kalimantan. akhirnya, lirik-lirik ke komandan, batuk-batuk kecil, eh doi tau aku pengen masuk. akhirnya, masuk lah ke dalam store itu. keliling keliling keliling, bajunya oke oke dan harganya yaaah, lumayan lah *kalau belanja sendiri sih masih itungan mahal. tapi ada bank berjalan ini, kenapa gak ya kan?* akhirnya, nyamperin komandan yang udah mulai milih-milih baju sama celana jeans. akhirnya, colek-colek, sok basa basi, "Ndan, mm.. bajunya murah-murah ya? branded loh ini.." | "Iya, nih. lumayan. *sambil milihin baju* | "Ehm.. Ndan, mau belanja ga? kalau iya, kakak ngikut deh beli baju yah?" | *ngelirik* | *naik turunin alis* | "Yoh, sekarepmu"
yes!! sasaran masuk jebakan! langsung ambil tas, comot sana comot sini, kasih komandan, langsung kasir, pulang bawa baju baru. komandan, I love you so much, muah! http://www.emocutez.com kalau soal belanja, komandan ini memang beda jauh sama aku. kalau aku hampir tiap bulan pasti harus belanja. tapi kalau komandan? paling, tiga atau empat bulan sekali baru belanja, lagian kadang si mama juga udah beliin satu atau dua baju. tapi.... komandan ini sekali belanja, totalnya bisa sama kayak tiga bulan aku belanja http://www.emocutez.com padahal belanjanya nggak banyak loh komandan ini, tapi totalnya muncak.. gimana nggak muncak, brand nya itu loh! ih, alamakjan, hampir semua bajunya ada brand nya di belakang kerahnya. sekali masuk mall, yang di masukin macam store nya posh boy, Lea, gimana nggak muncak total belanjanya.. aku maka, suka dimarahin kalau shopping, sekali doi yang shopping, ndak beda jauh sama aku, huh. kalau kata beliau tuh, "rega nggawa rupa" *ngapak* - harga barang itu membawa kualitas. yang mahal rata-rata kualitasnya bagus, jadinya wajar aja kalau doi milih yang branded semua, haduh, ngelesnya pintaaarr...

soal ngeles-ngeles-an (ngeles itu maksudnya membuat alibi), aku paling jago. gimana nggak jago? komandan yang ngajarin! haha. kata beliau, ngapain bingung, ada sejuta alasan yang bisa kita pilih di dunia ini. jadi kalau misalnya mau bohong, banyak alasan untuk berkilah, haha. pernah suatu hari beliau kena batunya dari lihainya aku membuat alibi ini. suatu ketika, aku mau berangkat sekolah dan hari hujan. biasanya kalau nggak hujan, aku berangkat barengan sama si amy naik motor. nah, kenapanya waktu itu kan hujan, jadi aku udah grasak grusuk masuk ke kamar mama terus bangunin komandan yang masih kebungkus selimut. "Ndan, antarin sekolah nah" | "Hmm.. kan biasanya sama Amy.." | "hujan nah, Ndan.." | "nebeng Amy aja, kan Amy pakai mobil" | "Ih, komandan cepet naaahh.. kakak telat nanti nih.." | "ih, apa sih pagi-pagi sudah ribut. bapak dulu kalau hujan nggak pergi sekolah tau, tidur di rumah sambil selimutan" *bangun sambil mencucu*
suatu hari lagi saat hujan deras pagi-pagi. aku melek di kamar, denger suara hujan terus merem lagi. pas udah jam 9, baru keluar kamar sambil garuk-garuk kepala. kebeneran si komandan lagi balik ke rumah bawain sarapan buat mama (enak kalau punya usaha sendiri. bebas mau pulang kapan aja), terus doi heran liat aku masih di rumah nggak berangkat sekolah. "Loh? baru bangun?" | "hhooaam.. ho'oh" *nyomot kue di meja makan #JOROK* | "nggak sekolah??" | "kan, tadi pagi hujan" | "terus?" | "kan kalau hujan, tandanya nggak usah sekolah" | "siapa yang ngajarin??" | "lah? komandan kan waktu itu?" | *hening*
ada suara gaib nyaut dari belakang, "KAPOK. makanya jangan ngajarin yang aneh-aneh sama anaknya". komandan langsung ngeloyor pergi denger celotehan mama, aku lanjut sarapan dan bolos sekolah, haha http://www.emocutez.com

ada lagi kelakuan aneh si komandan *kayaknya nggak ada yang nggak aneh*. entah komandan ini nggak punya urat malu, atau waktu kecil main sepeda, nabrak pohon kelapa, terus urat malunya putus (gayanya, kayak aku ndak aja). suka banget sama gaya-gaya yang ... hm, abnormal! haha *ampun, Ndan* waktu itu aku sama sepupu-sepupu dan mama lagi pengen jalan ke mall. terus, si komandan lagi malas jalan (tumben. maka dia raja jalan setauku). akhirnya sepupu ku lah yang nyetir mobil. kenapanya di depan rumah lagi agak macet dan akhirnya susah buat keluar mobil. eh, nggak lama, si komandan dengan kaos kutang, celana pendek, bando-an, dan sendal jepit warna pink, turun ke jalan terus angkat tangan nyoba berentiin motor-motor biar mobil bisa lewat. alhasil, mobil lewat dengan lancarnya. gimana nggak berenti tuh yang bawa motor. kaget liat ada om-om sangar tapi pakai sendal pink dan bando-an angkat ketek demi ngelewatin mobil. kesan pertama serem, tapi abis diliat bando dan sendal pink nya? seremnya berubah jadi "serem". http://www.emocutez.com
pernah lagi suatu hari dia pulang dengan hebohnya. aku sama mama lagi nyuci sayur di belakang. terus lagi ada si Ellyn (sodara kembar jauh) lagi sarapan di meja makan. nggak lama, si Ellyn udah ngakak-ngakak aja di dalem. penasaran, aku masuk lah ke dalam rumah dan astaga! "Ndan?? kesambet apaann???" | "psssttt! jangan ribut jangan ribut. ada petinju di dalam rumah" | "maaaaa.. suami mama kejedot dinding nih, gegar otak...." | "om gagah ya, Lyn, ya?" | "gagah banget om, bwahahahah" | "tuh, Ellyn aja bilang gagah!" | "gagah dari hongkong! kayak jin iprit, Ndaaannn!!"
entah dapat wangsit dari mana deh tuh si komandan potong rambut nyaris gundul! dan dengan PD-nya doi bilang doi gagah dan mirip petinju. oh sumpah, komandan gue cakep-cakep tapi kok yaaa.. ah, pantesan aja gue kayak gini. buah nggak jatuh jauh dari pohonnya, hahaha http://www.emocutez.com

kembali ke prinsip komandan yang bilang "rega nggawa rupa" (harga membawa rupa). jaman-jaman kuliah, laptop itu memang nggak akan bisa jauh. walau nggak untuk ngerjain tugas, pasti bakal dinyalain dan dimainin walau cuma untuk online, dan main game. nah, karena di kamar kos nggak ada meja, akhirnya aku niat beli meja lipat. terus, kebeneran hawa jogja lagi dingin-dingin-nya. niat beli karpet, tapi nggak ada duit. akhirnya, satu-satunya jalan cuma mengharap kucuran dana dari komandan. akhirnya, siang-siamg itu aku sms komandan.
"Ndan, kakak mau beli meja lipat, nih. sama beli karpet. biar main laptopnya nggak tengkurapan lagi, sakit pinggang nah.." | "yaudah tinggal beli" | "kirimin duit baah.. kan besok mau kirim uang kos tuh. tambahin ya ya, ting ting" | "pira pira? sebut ae aja isin isin (berapa? bilang aja jangan malu-malu)" | "hhmm.. karpet kalau nggak salah 150ribu, terus mejanya 35ribu" | *hening, ndak lama sms balasan masuk* "itu meja apa dingklik 35ribu!?"
alamakjaaaannn! tau gitu aku bilang harga mejanya 350ribu, Ndan! *nyesel berat* http://www.emocutez.com

biar nakal, jahil, ndak tau malu, abnormal, komandan tetap sosok pria yang bisa aku kategorikan romantis! yah, walau beliau nggak hobi nyanyi lagu cinta sambil bawa gitar di depan mama (tapi kadang kalau lagi mati lampu doi hobi gitaran nyanyi lagu-lagu cinta jaman baheula di teras rumah sama mama. gelap-gelap asoy!), ga pernah kasih bunga setiap paginya, ga sering bawa kotak bentuk hati untuk mama di tiap ulang tahun perkawinan, tapi si komandan ini hobi banget ngebuat kejutan-kejutan kecil buat keluarganya. waktu jaman dulu banget, doi nanya sama aku. "kak, kamu mau motor apaan?" | "hah? naik motor juga kagak bisa, ditanya mau motor apaan" | "yah, seandainya bisa mau motor apaan?" | "SF deh, Ndan" | "SF kan kopling.." | "iya sih, hehe" | "jupiter Z lagi ngetren ya? biru hitam bagus ga?" | "hmm.. lumayan. iya lagi booming tuh motornya si komeng" | *ngeloyor*
dalem ati sakit juga deh, ditanya pengen motor apaan, tapi abis tuh nggak ada kelanjutan cuma ngeloyor pergi. tapi seminggu kemudian, ada mas-mas datang ke rumah bawa jupiter Z biru hitam, dengan plat putih, jok masih bungkus plastik. aku pikir ini masnya mabuk, salah kirim motor. ternyata, pas diliat surat-suratnya, atas namaku. jdeng. wow, so sweet deh komandan.
pernah lagi si abing kebelet makan pizza malam-malam. si komandan kan kalau udah jam delapan gitu udah merem melek, cari bantal cari guling, cari selimut, terus kemulan. eh si abing rengek sana sini sambil ngomel-ngomel pengen pizza. padahal tuh si komandan tinggal nunggu sedetik lagi nyampe dunia lain, tapi si abing yoh kecil-kecil udah pinter ngomel. walau sebelumnya bilang capek, akhirnya si komandan bangun lagi terus pakai kaos. ditanyain mau ke mana, jawabnya mau transfer uang ke temennya. setengah jam kemudian, pulang ke rumah udah bawa pizza. apa nggak girang si abing mah. yang sebelumnya udah mau merem dengan mata berair, langsung seger dengan mata bulat makan pizza.
si mama orangnya nggak pernah sarapan. terus, akhirnya kena batunya deh sakit ndak sembuh-sembuh. di suruh sarapan tapi ya susah, kayak mau di sembeleh kalau kata komandan. akhirnya, tiap pagi, sejam abis berangkat kerja balik lagi ke rumah cuma buat bawakan sarapan buat mama. ya mama udah dibelikan makan gitu nggak mungkin kan nggak dimakan. akhirnya, jadi teratur sarapannya. pernah lagi waktu itu aku ngerengek kamera SLR sama komandan buat kado ulang tahun. eh, si komandan nggak nurutin. ngambek ngambek lah aku. dua bulan kemudian, pagi-pagi banget si komandan telp..
"baru bangun kah, kak?" | "hmm.. ho'oh ndan" *nyawa masih setengah* | "ih! jam berapa ini??" | "jam sembilan" *jujur* | "emang nggak kuliah??" | "libur" | "kok libur?" | "kan hari sabtu, Ndan" | "lah bapak aja sabtu kerja kok" | "hmmm.." | "kapan lulusnya kalau libur terus" | "hmm.. kenapa yak pagi-pagi telpon?" | "anu.. harga kamera di sana berapa yak?" | *mencoba mengembalikan kesadaran* "apa? kamera?" | "iya, itu yang SLR?" | *beneran sadar penuh* "ooh, tergantung. 7'an mungkin sekarang" | "apa serinya?" | "canon 550D" | "bagus?" | "hmm. kalau ga bagus harga 70ribu ndan" | "coba kamu tanya harga nya berapa. nanti kabarin bapak ya"
waw, langsung melek, mandi, terus cabut nyari harga kamera. dapet harga fix, langsung sms komandan. malamnya, dia sms balik "uang udah di transfer, kalau udah beli kameranya kabarin ya"
oh my God. komandaan.. terharu berat http://www.emocutez.com tau sudah kenapa waktu itu nggak mau belikan kamera. ndak pernah mau bilang ke anaknya kalau lagi nggak sanggup kasih apa yang anaknya mau. usut di usut, mama cerita ke aku, komandan bilang ke mama kalau abis belikan aku kamera SLR. ceritanya sambil ketawa-ketawa senang. senang karena udah bisa kasih apa yang anaknya mau, kata mama. pas aku tanya mana komandannya, dibilang komandannya tidur. aku tanya kok cepat banget udah tidur. terus si mama jawab, kemaren-kemaren komandan kerjanya lembur terus. kecapekan mungkin, jadi lagi masa-masa istirahat. abis isya langsung pergi tidur. astagah! dosanya aku ya kaan.. ah komandan.. kenapa bisa punya anak macam aku..

komandan, biar kata macam konyol begitu jadi ayah, tapi tetap jadi sosok ayah yang paling baik sedunia. nggak pernah marah, walau ngomel setiap hari. beda, antara marah dan ngomel. kalau ngomel tu cuma mencucu nggak jelas, kalau marah pakai emosi. komandan paling jarang emosi, tapi sering naik darah *ndak ada bedanya, PLAK!* hehe, bukan bukan. komandan itu bisa atur emosi dengan baik. nggak pernah ngambek. paling ngambek lima manit, abis itu lupa. nggak pernah main tangan. aku, dari jaman di brojolin sama mama, sampai sebesar ini nggak pernah kena amarah tangan komandan. dan jangan sampai buat komandan marah, karena kalau doi marah serem banget. pernah dulu aku kena ngambek si doi, didiemin. iih sumpaaaahh.. nggak enak banget! komandan yang nggak pernah diem, terus ngambek begitu, ih lah.. mending kena pukul deh, sumpah.

komandan, punya cara sendiri ketika mendidik anak-anaknya. aku yang agamanya masih bolong-bolong pun nggak semerta-merta kena omel sama komandan. cara beliau untuk menunjukkan jalan yang benar kepada anak-anaknya itu beda banget. pernah beliau minta ajarkan aku cara membaca Al-Qur'an. padahal, beliau bisa baca Al-Qur'an. tapi beliau minta aku yang ajarin. tandanya apa? beliau menyuruhku belajar membaca Al Qur'an dengan baik.
shalat masih bolong-bolong, komandan juga ga pernah marah. tapi, tiap abis solat subuh pasti buat gaduh di rumah. sengaja biar aku bangun dan nggak alpa solat subuhnya. saat mulai malas untuk shalat isya dan mau beranjak ke lautan kapuk, si komandan ngajak solat berjamaah. alamakjan, PERFECT!

syukur yang nggak terhingga terus terucap kepada Tuhan sudah menakdirkan aku punya ayah yang begitu sempurna macam komandan ini. ayah yang care berat sama anaknya. ayah yang selalu berusaha keras demi mewujudkan apa yang anaknya mau. ayah yang sempurna untuk seorang anak manja seperti aku. Tuhan, lindungi komandan Bambang saya ya.. sediakan tempat yang paling indah buat beliau. beliau bagai malaikat di bumi, Tuhan. lindungi, jaga, dan sayangi beliau ya. amin :)
love you so much, Ndan. how lucky I am have a father like you.

5 comments:

  1. kita beruntung punya orang tua laki-laki yang *aneh*.

    ReplyDelete
  2. :3 he's not *aneh* but he's "perfect". perfect in his own way, haha :D

    ReplyDelete
  3. ya, aneh lha. #dalam tanda kuti.

    ReplyDelete
  4. Yang namanya keluarga bahagia itu memang selalu punya cerita tersendiri. :)

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  5. ehey yah, ahaha.. oke oke salam kenal :D

    ReplyDelete