Sunday 23 October 2011

jujur-jujur-an

"Kejujuran itu bagaikan keperawanan. Sekali hilang, susah buat didapat lagi"


Kenapa kebanyakan orang tua ngelarang anak-anaknya pacaran waktu semasa-masa jadi siswa SMP atau SMA? Yakin deh, niatan orang tua ngelarang anak-anaknya pacaran di masa-masa itu supaya nggak terjadi "hal-hal yang diinginkan". Padahal kan ya semakin dilarang, semakin getol deh si anak pengen nge-break rules orang tua yang ngelarang mereka buat pacaran. Malahan itu semakin gawat kalau menurut aku: si anak bakalan pacaran sembunyi-sembunyi. Iya kalau dapet pacarnya yang anak baik-baik, kalau pacaran paling cuma nongkrong di depan rumah. Lah kalau yang omes alias otak mesum? Bwah, bisa diculik di bawa ke semak-semak tuh, HAHAH *frontal*.



Yang namanya pacaran sembunyi-sembunyi itu udah pasti nggak akan pernah lepas sama sifat setan "BOHONG". Kalau ditanya, "Sudah punya pacar belum?" jawabnya sambil mesem-mesem, "Belumm". Maka aslinya pacarnya segudang. Kalau ditanya, "Kenapa emang nggak pacaran?" jawabnya sambil pasang muka serius abis, "Masih mau serius sekolah" maka dalam hati "Mamak sih gabolehin"

Sama deh kayak aku sama si *ehem* calon, yang dulu nggak pernah secara jujur blak-blak an ngaku ke orang tua kalau kami pacaran HAHAH. Kalau ditanya sama keluarga, "Itu siapa?" jawabnya sambil cengengesan "Oh anu.. Itu temaan.. he he he *garuk kepala*" Teman kok ke mana-mana perginya bareng. Teman kok yang jemputin malam minggu itu-itu doang orangnya nggak ganti-ganti. Ah, mungkin dia "teman" http://www.emocutez.com

Yang namanya orang tua, biar kata kita udah sembunyiin eek kucing disiram parfum se-drum juga bakalan aja keciuman baunya eek *apasih Ban!* http://www.emocutez.com . Maksudnya, biar kata kita rapi banget nyembunyiin bohongnya, pakai dihias bunga mawar sama pita-pita unyu warna pink, tetep aja deh orang tua bakal tau kalau kita bohong. Gimana nggak, mereka yang buat, terus ngeluarin, terus ngurusin dari kita sebiji orok ampe segede gaban gini, pasti ngerti lah seluk beluk, luar dalem ampe celah-celah nyelimpit pun tentang kita, anak mereka. Jadi, sewaktu dulu aku dan si doi pacaran jaman SMA, nggak ada deh yang bilang ke orang tua masing-masing kalau kami pacaran. Paling cuma bilang "Dia temaan kook" sambil cengengesan kayak kuda. Tapi, sehebat-hebatnya kami ngibul, tetep aja deh orang tua masing-masing tau kalau kamu pacaran. Cuma, mereka diem aja, pura-pura nggak tau. Entah deh kenapa, mungkin nunggu kami jujur sendiri sama mereka dan ngaku kalau kami pacaran.

Kebeneran banget, aku sama doi sama-sama punya orang tua yang satu ngelarang keras pacaran, yang satu welcome aja kalau anaknya mau pacaran. Aku, si Mama suka ngambek kalau tau anaknya pacaran. Si doi, babenya ngelarang keras yang namanya pacaran. Lah? Ya serba salah jadinya kan kami sebagai anak yang mau kasih tau ke orang tua kalau kami ini pacaran. Jadi selama pacaran ya diem-diem aja, malah nggak ngakuin loh kalau lagi ketemu orang tua, HAHAH. Parah. Kadang jleb-jleb juga kalau diakuin sebagai teman di depan keluarga masing-masing (Jadi aku cuma TEMAN?? Lalu yang selama ini kamu anggap apa!? *sinetron) , tapi kalau mau diakuin sebagai pacar sama aja bunuh diri.

Tapi ya yang kayak aku bilang tadi, sehebat-hebatnya anak nutup-nutupin kebenaran, toh ya orang tua bakalan tetep tau. Pernah suatu ketika saat aku dan si doi udah putus di masa itu. Aku lagi perjalanan Samarinda-Balikpapan abis nemenin komandan antar pesanan barang. Di perjalanan pulang, tiba-tiba aku dapat sms dari si doi yang bilang mau ketemuan. Jezzz, yang namanya aku kalau kaget, suka ngomong dulu apa yang mau diketik buat sms, nyeplos deh..
Aku: weh! Apa-apaan ini mau ketemu segala. Nggak bisa woy, lagi di Samarinda.
Komandan: Apa sih?
A: hah? Ini nah.. Anu.. Si Ibel mau ke rumah katanya.
K: Lah.. Memang dia di mana?
A: Gatau nih nggak jelas.
K: Ibel kok sekarang udah jarang main ke rumah.
A: *hening* Apa, Ndan?
K: Kok sudah jarang main ke rumah?
A: Mmm.. Anuu.. Dia kan lagi PSG (magang) Ndan. Jadi sibuk gitu..
K: Masa sibuk betul sampe nggak pernah ke rumah lagi?
A: Yaa.. Gitu deh, Ndan *hening* *jlebjleb* "Anakmu ini udah putus, Ndaann"


"Penutupan kebenaran" dari orang tua tentang sebuah hubungan ini terus berlanjut, dan akhirnya berhenti saat kami kembali merajut cerita semasa kuliah ini. Aku dong, kemaren berani ngaku blak-blak-an sama Mama kalau aku sama si doi punya hubungan yang lebih dari sekedar teman. Jujurnya sama Mama loh! Sa-ma MA-MA! Wew, hebat dong kan ya *bangga super* Secara, Mama yang semacam tembok Berlin yang menghalangi aku buat pacaran dong ya. Sekarang berani dong ya jujur kalau aku sudah punya pendamping, bwahahaha. Semula gara-gara iseng becanda sms-an sama si Mama. Sebenernya sudah lama pengen bilang sama Mama, "Ma, kakak pacaran sama Ibel". Tapi buat ngucapin satu kalimat itu nggak semudah kayak bilang "Ma, minta duit kakak mau shopping". Akhirnya kemaren, terucap juga deh kalimat itu. Berawal dari sms-an yang ngebahas soal pembelian kucing.
...
Mama: Ya Mama sih nggak apa kalau Ibel belikan kakak kucing itu. Tapi jangan sampai nanti "nuntut" yang macam-macam. Jangan sampai masa depan kakak cuma dihargai kucing seharga 850ribu doang. *agak lebay, tapi itulah si Mama, hahah*
Aku: Yahaa.. Kalau soal masa depan itu jujuran (kali, ini cuma orang Kalimantan yang tau soal "jujuran". Jujuran itu ini loh, seserahan lamaran nikah itu loh), Ma tebusannya!
M: Ya sukur deh kalau kakak mikirnya ke situ..
A: Jadi, kalau seandainya ada yang antar jujuran, diterima ini ya, Ma? *kirim sms sambil ketar-ketir juga. Bahasan serius ini*
M: Yaa terserah kakak aja. Kalau kakak suka, ya Mama terima. Kalau kakak gamau ya Mama tolak. Memang Ibel mau antar jujuran buat kakak? *Nah kan bener bahasannya serius!*
Aku hening sebentar. Noleh ke doi yang kebeneran ada di samping udah cengangas cengenges baca sms ku sama si Mama.
A: Yank, kalau aku berani jawab "iya" kamu kasih aku apa??
Doi: Kasih ucapan selamat.
A: Malesi deh ya *kembali ngetik sms*
Yahaa.. Ibelnya sih mau aja. Tapi belum waktunya. Masih semester 3 ini, hahahah. *pencet tanda amplop yang artinya kirim, terus lempar hape. Nggak berani baca balasannya Mama.*
*hape geter, Mama bales sms*
M: Yaa tinggal pilih. Mau jujuran sekarang berhenti kuliah, apa jujuran nanti lanjut kuliah. Kan gampang.
A: Yaa.. Lanjut kuliah dong Ma. Makanya kan bilang masih semester 3 ini kan, HAHAH.
M: Naahm gitu dong baru anak Mama.
...
Abis sms-an sama Mama itu.. Baru deh nyadar. Hey, Bany! Kamu barusan ngakuin kalau punya calon? Hey!? Wah si Bany! Tapi yang lebih wah lagi, HEY! SI MAMA NERIMA LOH! Ya Tuhan! Mimpi apadeh semalem ampe berani ngaku sama Mama soal hubungan ini! Tararakjez, sesuatu banget yak! http://www.emocutez.com

Sebenernya, restu orang tua ini kayaknya udah didapetin lama deh ya, cuma aku aja yang nggak nyadar. Pas lebaran kemaren dong, si doi ke rumah aku dan akunya di rumah si doi. Astege, semua bermula dari kedodolan si doi yang ditanya di mana, jawabnya di rumah. Ternyata yang dia maksud itu rumahku bukan rumahnya, sleketeb kan ya. Kebeneran di rumah aku lagi open house buat keluarga-keluarga. Jadinya lagi ramee banget, dan aku nggak ada di rumah, HAHAH. Si doi ngeloyor datang ke rumah, terus entah apa yang terjadi sampai si Mama memperkenalkan doi ke keluarga yang lain.. "Ingat nggak siapa ini? Ini Ibel loh, pacarnya si kakak." Eh helloohhh??? Mama?? Itu sadar bilang dia PACAR saya? Mama hipertensi nya nggak lagi kambuh kan ya? Mama? Mama ngakuin itu pacar kakak? Omijoot.. Yank, kamu harusnya bangga! Dari sekian cowok yang aku gaet kanan kiri cuma kamu yang diakuin sama Mama jadi pacar aku loh, HAHAH. http://www.emocutez.com

Belom lagi si doi yang sekarang juga pelan-pelan berani jujur sama babenya. Kalau ditanya jalan sama siapa, dulu paling jawab "Anu, Be. Sama temen." Tapi kalau sekarang ditanya jalan sama siapa, jawabnya "Sama Bany, Be". Asek asek, diakuin sudah kah ini aku ceritanya? Kayaknya iya *TARARAKJEZ!* Apalagi gara-gara status facebook soal nikah yang pernah aku share yang langsung dapet respon dari bokapnya si doi. Responnya nggak komen di facebook woy, tapi di telpon langsung! *alamakjan* Ditanya, "Sudah siap kah? Kalau sudah ayok dah cepat, nanti om yang urus semuanya." Omijoott... Belom lagi waktu lebaran yah, aku datang ke rumahnya si doi dong yah.. Terus ketemu dong yah sama babenya.. Terus ditanya lagi, "Ban, ini om belum sempat ngomong sama bapakmu lagi nah. Jadi kapan ini? Kayak apa supaya bisa cepat urusan ini?" Ahelah oomm... Makan apa saya nanti, HAHAH. Yang ada aku ditanya gitu bukannya jawab malah langsung ngeloyor ke motor, kabuurr, "Ah om ah.. Udah ya saya pulang, Assalamu'alaikum!" *tancap gas* Belum lagi kena omong juga waktu lamaran kakaknya si doi.. Babenya bilang.. "Nah, kalau Banjar tu 'am yang mahal jujurannya. Nanti itu nah, ndak tau lagi sudah minta jujurannya berapa" *nunjuk aku (sementang-mentang emak aku banjar yah, om)* akunya langsung ngibrit keluar rumah.

Orang tua yang baik memang orang tua yang selalu tau tentang anaknya walaupun anaknya nggak bilang apa-apa sama mereka. Yah, pengungkapan sebuah kebenaran ini semoga menjadi sebuah langkah yang bisa membawa aku dan doi menuju ke arah yang lebih baik lagi dari sekarang, aammiinn. Semoga memang hubungan ini nggak cuma dapat restu dari keluarga masing-masing tapi juga dapet restu dari Tuhan YME *udah kayak mau di ijab kabul aje lu Ban!* Biar kata jalan di depan masih panjang, semoga hubungan ini akan selalu dijaga Tuhan, akan semakin kuat nggak mudah goyah, akan semakin mendekati ke sebuah tujuan yang menjadi harapan bersama aku dan doi, aammiiinn.

1 comment:

  1. wkwkwkwk..... jd keputusannya minta berapa nie "jujuran"nya ? tp sebelum itu tradisi ceplok telor ultah belum terpenuhi. itu HARUS

    ReplyDelete