Saturday 8 October 2011

Homesick Akut!

"My Home Is My Heaven"

Yang namanya rumah itu nyamannya memang nggak akan pernah ada yang bisa menggantikan. Dan yang namanya mahasiswa rantauan itu nggak mungkin nggak ngalamin yang namanya homesick. Biar kata cuma sekali dan semenit, pasti mahasiswa yang merantau pisah sama orang tua itu ngalamin homesick. Yah, mungkin yang dikangenin bukan orang tua atau berada di rumah, mungkin yang dikangenin itu temen-temen sama suasana di kota asal.. Tapi ya tetap aja itu namanya homesick! Apalagi anak mama yang manja ampun-ampun kayak aku. Setiap hari bisa terjangkit homesick syndrome stadium empat http://www.emocutez.com


Kalau homesick udah kambuh, waaahh.. Waaahh.. Itu gawat banget! Bisa mewek berjam-jam nggak bisa berhenti. Udah nggak peduli ada di mana, sama siapa, lagi apa. Biar kata lagi di tempat rame, tapi kalau homesick kumat, yaudah lah.. Mewek di situ, haha. Nggak peduli, diliatin orang banyak gara-gara air mata ngucur kayak keran di muka http://www.emocutez.com Udah nggak bisa ditahan, cyiinn..

Hal yang biasanya buat homesick itu kalau lagi sendirian. Uh, sumpeh deh kalau lagi sendirian itu galau berat! Bukan galau gara-gara mikirin lawan jenis! Galau gara-gara ngebandingin suasana di kamar 4x5 sama suasana yang ada di rumah. "Uh, sendirian.. *lirik jam* Biasanya kalau jam segini di rumah itu lagi...." Wah, kalau sudah ada pikiran yang kayak gini nongol di otak, sudah, lebih baik jangan diteruskan. Soalnya kalau di lanjutkan lebih jauh, ah, bisa gawat. Segawat kalau celana dalem udah abis, terus mau jemuran malah ujan seharian. Berabe!

Aku sering banget ngalamin yang namanya homesick. Seperti yang udah aku ceritain di postingan-postingan sebelumnya, aku ini memang anak mama yang manjanya minta tobat. Sudah banyak orang kok yang bilang aku anak manja, jadi aku ndak perlu nutup-nutupin. Lagipula, aku masih cukup sadar diri kalau aku anak manja, jadi yaaah biar kata agak malu, tapi memang itu yang terjadi. Manja itu bisa jadi alasan utama kenapa orang bisa terjangkit homesick syndrome. Biasanya di rumah sendiri rame, ada orang tua ada saudara. Ini di tanah rantauan cuma sendirian, ada diri sendiri ditemani tivi yang nggak pernah mati, sama kipas yang nggak pernah berhenti geleng kanan geleng kiri. Biasa kalau di rumah pulang dari jalan lapar tinggal buka tudung nasi tinggal makan. Ini di tanah rantauan pulang kuliah capek, lapar, di kosan nggak ada makanan pula. Bah, nelangsanya. Kalau sudah nelangsa begitu, pasti langsung merenung, ingat rumah, terus.. Mewek! Pengen pulaangg http://www.emocutez.com

Biar kata aku udah terlalu sering ngalamin yang namanya homesick, tapi kali ini aku bener-bener ngalamin yang namanya homesick tingkat dewa. Aku udah pernah cerita kan di postingan sebelumnya yang aku mewek hampir sepuluh hari nggak berhenti habis pulang kampung. Yahaa, setiap hari itu kerjaannya cuma menghayal pengen ada di rumah. Tapi sayangnya, khayalan itu selalu dipatahkan sama dinding kamar kos yang nyata. Menyadarkan kalau aku bukan berada di lingkungan hangat dan nyaman rumah, tapi ada di sepetak kamar kos!

Lagi-lagi aku menyalahkan keputusan untuk terlalu lama berada di kampung halaman. Yang sebelumnya udah biasa hidup sendiri, jadi canggung lagi setelah menghabiskan waktu lebih dari satu bulan ada di kehangatan rengkuhan keluarga. Jadi waktu kembali ke tanah rantauan, lupa gimana caranya kemaren-kemaren ngejalanin hidup sendirian! Uh, rasanya pengen ditabrak sama mas-mas ganteng aja deh kalau nyadar sudah terpisahkan laut sama keluarga itu (mau lo, Ban!) Rasa dunia udah nggak berputar lagi (ini lebay banget sumpah)

Masih ingat deh kemaren waktu mau balik ke Jogja. Yang ngantar ke bandara ada Mama, Komandan, Abing, dan tiga saudaranya Mama. Berhubung aku kemaren pulang sama-sama si bebeb Norma, dan kebeneran bokapnya si Norma ini kerja di bandara, jadinya Mama, Komandan sama Abing bisa masuk sampai ruangan check-in. Uuuww, ingat banget waktu ruangan check-in itu jadi saksi bisu si Abing mewek-mewek nggak karuan. Sampai sekarang suka sedih kalau ingat gimana adekku satu-satunya itu ngelarangin aku buat balik ke Jogja. Biar kata kami berantem setiap hari kalau ketemu, tapi kangennya setengah mati kalau sudah tepisah.
Abing : Kakak jangan pulang..
Aku : Nah, mana bisa begitu.
Abing : Jangan pulang sekarang, yah..
Aku : Lah? Jadi pulang kapan?
Abing : Besok aja pulangnya.. Minggu depan juga boleh.
Aku : Mana bisa begitu, kan tiketnya sudah buat hari ini.
Abing : Aih, jangan pulang, Kak *mewek*
Aku : *nahan mewek* Kakak kan kuliah..
Abing : Kakak kan masih sakit, kuliahnya ijin aja *mewek sambil peluk*
Aku : *ikut mewek (akhirnya)* Nggak boleh ijin terus. Nanti ketinggalan banyak..
Abing : *diem* *mewek* *peluk kenceng*
Aku : *banjir air mata* http://www.emocutez.com

Ah, sumpah deh kalau ingat si Abing nangis waktu itu, aku bener-bener nggak mau balik lagi ke Jogja. Nggak pernah sih liat si Abing nangis kayak waktu itu. Nangis yang ampe teriak-teriak kayak bayi kalau diambil dot-nya sambil bilang "Kakak jangan pulaaangggg". Omijoott, Dek... Kakakmu ini udah setengah hati mau balik ke tanah rantauan, kenapa kamu buat semakin berat aja sih! http://www.emocutez.com

Belum lagi ngeliat Mama yang udah diem aja nggak ngomong apa-apa semenjak berangkat dari rumah. Belom juga nutup pintu rumah, doi udah mewek aja. Ampe diolokin sama komandan waktu di mobil, "Dek, ini pindahin kotak tisunya ke belakang.. Itu hitungin Mama mu habis berapa tisu." Si Abing masih nyolot waktu di mobil, "Itu.. Mama habis sepuluh tisunya!" Gaya-gaya nggak nangis, sekali di bandara, dia yang paling heboh nangisnya.

Mama itu mau nahan nangis nggak bisa. Jadinya, urat-urat di mukanya jadi keluar semua. Air mukanya sumpah itu berubah banget. Dari Mama yang sumringah waktu aku pulang, jadi Mama yang... ah aku nggak bisa deskrpsiin gimana bentuknya waktu aku mau masuk waiting room. Waktu udah panggilan buat boarding, si Abing tambah kenceng nggak jelas nangisnya, nggak mau lepas peluknya lagi, ah ya Tuhan, beraatttt seberat gajah obesitas mau ninggalin keluarga kecilku ini. Giliran meluk Mama.. Ah malah tambah berat. Si Mama meluk kenceng banget tapi nggak ngomong apa-apa. Waktu aku udah nepuk-nepuk punggungnya - maksudnya mau bilang, "Udah, Ma. Nanti kakak pulanhg lagi kok" tapi nggak bisa ngomong lagi - baru deh si Mama ngomong, "Hati-hati ya, Kak" Ngok. Aku cuma bisa manggut-manggut sambil sedot ingus *srrooott*

Udah giliran meluk Komandan.. Seperti biasa, doi pasang pose yang paling sok cool, terus bilang, " Hati-hati ya. Jangan pecicilan dulu, nanti kakimu tambah jelek" Bbbzzz. Nasehat macam apa ini. Terus lanjut bisikin, "Yang itu, nanti di transfer" Gahahahah, ada sedikit percikan semangat (wwoo!!! Kalau udah urusan duit aja! *lemparsendaljepitbau*) Akhirnya, aku melepas semua pelukan erat dan hangat keluarga manisku itu, dan melangkah ke arah waiting room, dengan kebanjiran air mata. Udah nggak peduli sama tatapan heran orang-orang ada cewek jalan tepincang-pincang sambil banjir air mata masuk ke waiting room. Ah, dadah Balikpapanku http://www.emocutez.comAkhirnya aku pun melewati fase nangis 1,5 jam, senyum 15 menit, dan nangis lagi 10 hari http://www.emocutez.com

Sampai di Jogja, keinginan untuk pulang itu malah semakin menjadi-jadi. Ya itu, setiap hari galau mau pulang. Sayangnya nggak bisa cepat-cepat pulang. Tapi ternyata, setelah mengumpulkan info-info, Januari nanti aku sudah kena libur semester lagi. Tandanya, Januari udah bisa pulang kampung lagi. Udah lumayan agak seneng. Si Norma juga ikutan mencoba buat aku nggak mewek lagi. Dia bilang, "Januari udah bisa pulang kok, Ban. Udah bisa dihitung pakai jari. 5 bulan lagi pulang lagi, 5 bulan itu nggak lama kok, sebentar aja"

Oke, senanglah sudah aku ini kan. Sudah mulai bisa ngakak dan ngebanyol bebodok lagi sama yang lain. Biar kata itu mata masih kayak mata abis kena tonjok, seenggaknya udah agak bisa nerima kenyataan kalau aku nggak di rumah, dan lima bulan lagi akan ada di rumah lagi. Aku pun mulai menghitung mundur hari demi hari. Sampai aku nulis di status BBM ku: "115 days to go" dan itu akan terus berganti setiap harinya, angkanya semakin mengecil.

Dalam rekaman otakku, masih tertanam kalimat "5 bulan itu nggak lama. Sebentar lagi Januari. Sebentar lagi pulang kampung. Sebentar lagi ketemu sama Bamz' little famz." Tapi kemudian ada entah di hari yang ke berapa aku menghitung mundur, aku iseng buka-buka facebook. Mungkin gara-gara efek homesick akut, aku jadi jarang update status di facebook (lagian juga udah pindah ngerusuh di twitter sih ya), jadinya isi profilku itu cuma status-status yang pernah aku buat sebelumnya. Ada status yang aku pasang waktu aku baru mau balik ke Jogja nongol di layar hp. Di facebook kan selalu ada rincian waktunya kapan kita pasang status. Nah, statusku waktu itu kalau nggak salah kayak gini "Padahal udah sebulan lebih, tapi masih berasa berat yah mau tinggalin mama, komandan, abing :'("
Dan tau? Saat aku liat kapan waktu aku pasang status itu... Waktunya nunjukkin "5 days ago"
YA TUHAN! Aku itu udah bayangin sebentar lagi Januari, dan aku udah berasa berbulan-bulan ada di Jogja. Kenapa status waktu aku masih di Balikpapan masih nunjukkin lima hari yang lalu!? Berarti aku belum ada seminggu di Jogja dong ya kan!? http://www.emocutez.com

Sumpah demi apa deh ya kan. Kamu tau? Kamu tau rasanya ketika kita udah bayangin apa yang kita mau ada di depan mata tapi ternyata masih jauh ada di pulau seberang? Kamu mau tau rasanya? Rasanya kayak kita udah enak terbang pakai permadani yang super bagus terus pas lagi enak-enak terbang ada burung raksasa yang eek di permadani kita dan ternyata eek itu adalah bom. Waktu eeknya si burung yang ternyata adalah bom itu menyentuh permadani bagus kita, meledaklah si eek. Permadaninya hangus terbakar, dan kita "psssiiiuuuuuu" terjun bebas dari langit dan "DDAAABBUUMMMM!" menghantam bumi yang ternyata banyak eek kebo nya. Kurang lebih, ya kayak gitu deh rasanya. http://www.emocutez.com

Tapi kemudian, setelah mengadu-ngadu sambil termewek-mewek sama Allah, akhirnya agak sedikit mereda homesick yang udah tingkat lansia ini. Dengan begitu baiknya Allah memberikan orang-orang terbaik utusanNya untuk datang dan menghiburku. Menyadarkan aku kalau aku berpisah sama orang tua itu ujung-ujungnya juga untuk membuat sebuah garis lengkung di wajah mereka. Sebuah janji pun terucap sama Mama "Januari kakak pasti peluk Mama lagi." Akhirnya, sekarang udah melepas semua kegiatan. Nggak ikut pantia ini itu lagi, cuma fokus kuliah dan tugas-tugasnya yang cukup membantu untuk membunuh waktu.

Sekarang, hitungan muncur hari sudah tinggak 2 digit doang. Insya Allah ini H-99 menuju rumah dan keluarga kecilku itu. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dan kekuatan hati dalam menjalankan semua ini. Semoga Allah juga selalu melindungi tiga malaikat hidupku yang sekarang sudah tertidur lelap di pulau seberang sana. Aaamiinn http://www.emocutez.com

2 comments: