Thursday 6 October 2011

October Wish

"A friend in need is a friend indeed"


Biasanya, aku sudah selalu antisipasi, waspada, dan siaga kalau hitungan bulan sudah masuk ke bulan sepuluh. Karena biasanya, sebagian orang sudah mulai berkumpul secara sembunyi-sembunyi, nggak ajak-ajak aku, dan mulai sedikit berubah sikap.

Dulu, bulan Oktober itu selalu jadi bulan yang paling aku nanti-nantikan dari seluruh bulan yang ada. Bahkan, saat Oktober sudah dimulai, aku sudah mulai menghitung mundur menuju tanggal 24. Walau terkadang suka sebel sama temen-temen yang mulai suka ngumpul di pojokkan kelas nggak ajak-ajak aku, atau komunikasi via sms padahal jarak nggak nyampe satu meter, dan sikap yang mulai cuek nggak jelas kenapa, tapi ternyata itu semua aku yang membuat aku rindu.

Di awal bulan Oktober, biasanya teman-teman gila, bego, tapi aku sayang banget itu udah mulai menyusun rencana-rencana aneh bin ajaib buat aku. Yaha, itulah resikonya kalau lagi ulang tahun, pasti ada aja yang direncanain teman-teman itu buat ngerjain orang yang lagi ulang tahun. Kata mereka sih, mereka ngerjain itu sebagai tanda kalau mereka sayang. Tapi ah itu emang dasarnya mereka usil, makanya pengen ngerjain orang yang lagi ulang tahun!


Sebenernya sih, kalau aku yang ulang tahun terus dikerjain itu wajar. Biasanya yang otak-otak yang ngerjain aku itu orang-orang yang dendam kesumat sama aku gara-gara waktu mereka ulang tahun aku yang provokasi temen-temen buat ngelemparin tepung *GAHAHAHA* http://www.emocutez.comJadinya, waktu aku ulang tahun, itu waktu yang tepat lah untuk balas dendam buat mereka.

Jadi ingat waktu ulang tahun yang ke 17. Mungkin benar kalau kata orang, 17 itu angka sakral (ah nggak jugak kok. Dasar emang tradisi aneh anak mudah aja), pasti ada aja kenangan yang nggak akan bisa dilupa waktu usia sudah menginjak angka 17. Dan yah, alhamdulillah aku juga punya cerita seru waktu usia udah menginjak 17.

Entah ini sebuah keberuntungan atau sebuah kesialan aku berusia 17 tahun dan berada di antara teman-teman yang pada akhirnya berujung menjadi saudara saudari beda bokap beda nyokap, yang bertemu di masa putih abu-abu. Entah sudah berapa lama mereka merencanakan rencana bego nggak jelas itu. Biar kata aku udah tau itu cuma sebuah rekayasa, tapi entah kenapa aku tetap terjebak masuk ke dalamnya! http://www.emocutez.comBermula dari H-5 ada cewek yang nelepon aku terus ngaku-ngakunya jadi gebetannya si doi (waktu itu masih panas-panasnya sama si doi loh, HAHAH). Aku udah tau jelas kalau itu cuma kerjaan orang suruhan temen-temen doang, tapi tetap aja sih buat cenat cenut *gahaha*.

Besoknya, bermulai dari H-2 temen-temen sekelas kompakan mengasingkan diriku seorang diri. Dari yang namanya nggak negur, ditanya nggak jawab, diajak ngobrol ditinggal pergi.. Sampe buat kelompok tugas aku nggak diajak.. Pokoknya bener-bener dibuat jadi orang yang idupnya seorang diri! http://www.emocutez.com Aku mah akhirnya cuma bisa lari ke pojokkan korek-korek tanah sambil mewek http://www.emocutez.com

H-1, mereka sibuk minta traktiran. Nah, ingat aja kan orang-orang ini lagi soal traktiran! Padahal waktu itu mereka lagi nyuekin aku habis-habisan. Setelah akhirnya aku menganggukkan kepala bakalan traktir mereka besok, mereka ngeloyor pergi lagi, nyuekin lagi. Ih, sialan banget kan yah! Pengen ku tampol-tampol rasanya mereka itu http://www.emocutez.com Tapi ya tetep pada akhirnya di biarin aja.

Pas hari H! Mau berangkat sekolah batin udah nggak enak blas! Tapi nggak ada alasan untuk nggak pergi sekolah. Mau ditampol Komandan bolak balik nggak masuk sekolah cuma gara-gara takut dikerjain. Jadi pada akhirnya, berangkat ke sekolah dengan persediaan baju ganti yang sengaja aku taroh di mobil komandan. Hari H, kecuekkan teman-teman itu sudah nggak kentara lagi. Mereka sok-sok manis ngasih ucapan selamat ulang tahun. Tapi aku tau,  itu semua hanyalah topeng belaka, huh! Pasti bakalan tetap ada udang di balik ote-ote, tetap ada hal nggak enak dari tampang-tampang polos nan manis mereka itu. Pulang sekolah, si Komandan ini juga nggak cepat-cepat jemputin! Jadinya aku mesti nungguin doi dulu.. Ada lah akhirnya kesempatan besar buat teman-temanku buat melaksanakan aksi!

Akhirnya ada seorang teman bernama Wucha yang niatan minta tukar tas sama aku. Aku nya juga bego-bego banget waktu itu nggak nanya kenapa dia mau tukar tas. Bodoknya lagi, aku malah ngasih tas, tapi nggak ngambil tasnya si Wucha. Jadinya, waktu teman-temanku liat aku udah polos nggak bawa apa-apa, mereka tau itu waktu yang tepat. Waktu aku jalan mau ke kantin seberang sekolah, eh ada yang getok kepala sama benda berasa bentuk bunder terus basah. Terus nggak lama, PYAR! Ada tepung berhamburan di mana-mana. Yaudin, aku udah nggak bisa bergerak ke mana-mana http://www.emocutez.com semua terjadi begitu cepat *lebay*.
PLAK! PLOK! BURR! PLAK! PLOK! PYAR! Tepung, telor, udah jadi adonan kue di atas kepala. Di tambah ada simburan-simburan pop ice yang berasa dingin dan manis yang ngucur dari atas kepala. Terus sampe ada orang yang aku nggak kenal siapa bawa-bawa ember ada aernya pengen ikutan nyimbur. Maakk! Mereka sih kerjainnya di depan sekolah! Jadinya rame orang-orang kelas lain yang aku nggak kenal nonton. Terus, mereka kali juga pengen ikutan rusuh kali yee.. Jadinya ikutan nyimbur lah! *tepok jidat*
Udah gitu, waktu aku nelpon Komandan supaya suruh cepetan jemput (soalnya aku udah kayak adonan kue yang dimasukkin ke dalam kulkas! Kaku gara-gara tepung dan dingin gara-gara es!), eh anak-anak yang lain pada nimbrung ngomong "Nggak usah dijemput om! si Bani mau pulang naik angkot!" Dan ndak warasnya Komandan malah percaya sama mereka "Oh? Iya kah?" Bwaaaaaa, Komandaaann!! Anakmu udah jadi kue tart abal-abal bantet tau gak! http://www.emocutez.com

Udah gitu, mereka tuh udah kongkalikong-in si doi. Sumpeh ye, siapa sih yang nggak sebel kalau lagi ulang tahun pacarnya menghilang entah ke mana. Di tambah sebelumnya ada cewek telepong nggak jelas ngaku-ngaku jadi gebetannya. Wahaa.. Galau gulang guling di rumah deh akhirnya. Niatan curhat sama temen yang ngakunya sodara, eh taunya dia yang jadi dalang semua perwayangan 24 Oktober itu! Namanya Ellyn, orangnya 11-12 sama aku.
aku: Sist, si doi nggak ada sms yah.. Nggak ada ngucapin met ultaahh :'(
ellyn: Lupa kali Sist.
aku: Yaelaah.. Masa iya lupa sist :'( *tambah galau*
ellyn: Lagi sama gebetannya yang itu kali.. *sengaja buat tambah galau*
aku: Iya kali yaaa *mewek di pojokkan*

Malemnya si doi juga nggak ada niatan mau pergi ke tempat acara sama-sama. Jadinya, aku berangkatlah sama-sama si Komandan. Sampai di tempat acara.. Doi nggak ada juga. Nggak ada kabar mau datang apa nggak. Eh, pas udah giliran temen-temen udah rame, udah pesen makan, si doi datang.. SAMA CEWEK! http://www.emocutez.com bwaaa!! Dengan songongnya doi ngenalin itu cewek "Ini Riana *kalau nggak salah itu namanya*.." Aku cuma ngebales uluran tangan si cewek sambil senyum kecut banget kayak jeruk nipis! Udah bad mood abis, baru si doi bilang.. "Itu sepupu, Sayang.." JDIAK! Rasa ketiban meteor jatoh dari luar angkasa. Dan besoknya gue tau, waktu gue sms galau-galau ke Ellyn, di ngakak guling-guling. Sial!

Beda tahun, beda cerita. Di tahun ke 18 hidupku, aku masih berada di lingkungan teman-teman sayang yang nggak ada duanya itu. Angka 18 mungkin nggak terlalu seheboh angka 17. Jadi, setelah timbang-timbangan sama Mama, akhirnya diputusin buat acara ulang tahunan di rumah aja (Unyu ya? Pakai undangan yang kertasnya kecil terus angka jamnya di gambar sendiri. Ya nggak gitu juga kali acara gue ya kan). Sengaja, nggak dandan oke-oke. Feeling udah nggak enak sendiri. Daripada buang-buang make up, mending berembes aja lah..

Temen-temen udah datang dengan normalnya. Ribut dan bikin rumah behamburan. Nggak cuma temen sih yang datang, ada keluarga juga.. Cuma kan kalau keluarga nongkrongnya di bagian rumah yang paling dalam (baca: dekat dapur HAHAH) temen-temen ada di ruang tamu.. Selesai makan, ngobral ngobrol sebentar.. Terus mereka pamit pulang. Heran? Banget! Tapi ada syukur yang terucap, gak perlu capek-capek bersihin rumah sama tepung dan telor. Tapi eh si Dhila nyindir yah mereka mau pamit pulang aku nggak anterin sampai depan rumah. Eh lah? Itu padahal udah di depan pintu rumah.. Feeling buruk muncul lagi. Masih keukeuh nggak mau turun ke halaman, tapi sindiran-sindiran pedes malah terus berdatangan. Akhirnya, dengan niatan baik sebagai tuan rumah, aku antar lah teman-temanku yang katanya mau pulang itu sampai depan pagar.

PLOK! Nggak lama ada cairan kental berwarna pink dan panas yang nemplok di atas kepala. Bwaaa! Jelas lah langsung jejingkrakkan ada jelly jelly panas di atas kepala! "Suetan! Apa ini woy!"
PLOK! PLAK! PLOK! PLAK! Jelly pink panas gantian sama telor nemplok di kepala. Ada lagi yang masukin jelly pink panas ke dalam baju. Makjan! Panas! Nggak lama ada yang bawa-bawa botol aqua dan ada binatang hitam bersayap dan berkumis bau yang bisa terbang yang aku benci banget: KECOAK! BWAAAA..!!! Langsung tehambur semuanya. Aku lari sampai pojokkan rumah, dikejar anak-anak songong yang bawa-bawa kecoak menjijikkan bau najis banget sumpah! Untungnya, nggak lama si kecoak lepas dan akhirnya hilang *sujud sukur*

Sialnya punya teman terlalu kreaif macam si Dhila. Doi sama pacarnya buat tepung apa itu yah namanya? Tepung kanji yah? Yang tepung di rebus sama air jadinya kayak jelly gitu. Dan karena doi tau aku suka pink, dikasih lah pewarna pink.. Bodonya, itu tepung baru selesai di masak waktu mau ke rumahku, jadilah masih panas-panas di templokkin ke kepalaku. Dan sial juga punya temen macam Amy yang kurang kerjaan banget rela ngumpulin kecoak di dalam plastik dari kemaren-kemarennya. Untungnya Tuhan masih sayang sama aku, jadinya itu kecoak yang udah dikumpulin sama Amy dibuang sama Mamanya, hooohh *nafas lega* http://www.emocutez.com

Udah kena jelly jelly pink, gamau dong ya kotor sendirian.. Akhirnya lari kesana kemari mencari alamat *JENG JENG* (Loh!? Kok jadi Ayu Tingting! Haha). Bukan bukan, lari sana sini ngejar si pelaku pelemparan jelly. Dapat satu, peluk! Dapat satu lagi, peluk! Semua jadi lengket sama jelly pink, nggak luput Komandan, Mama, sama Abing http://www.emocutez.com

Tapi, ini tahun kedua aku nggak menginginkan adanya bulan Oktober. Nggak mau ada Oktober kalau nggak ada di rumah. Memang nggak ada yang lebih nyaman selain berada di rumah. Di tanah rantauan semuanya jadi sangat berbeda. Aku kangen sama semua teriakan-teriakan yang ada kalau aku yang udah menjelma jadi hantu tepung ngejar teman aku satu-satu. Kangen sama semua rencana yang udah dipikirin sama mereka sebelum Oktober dimulai. Kangen sama kecuekan bodoh mereka di tanggal 24.

Semua nggak akan lagi sama. Bahkan kali ini pun ingin rasanya aku skip bulan Oktober ini. I wish I could being at home this October. Celebrated my special day with my special people. There will be nothing special this month. Maybe I still receive the congratulation text, but I'm not going to have anything special to be reminded. I really miss having my bornday with those stupid lovely guys.


Miss you so much my October people: Mama, Komandan, Abing, Ellyn, Amy, Dhila, Yadhek, semua sodara sodari MM Warrior 07, Sentralis Family, etc. Wish I could be with you this time, but I know for sure  I can't.

2 comments:

  1. hahahha.... nanti tak ceplokin telor palanya. aku ga bakalan bilang ulang tahunku tanggal 24 november, biar dirimu ga bisa balas dendam kesumat nanti.

    ReplyDelete
  2. ini bodo apa gimana lek? haha.. *catet hape 24 november*

    ReplyDelete