Sunday 13 November 2011

aku punya anak di usia 20 tahun

Postingan ini udah diniatin untuk ditulis sejak hampir sebulan yang lalu, sudah tersimpan di draft selama hampir seminggu , dan oke, sekarang akan diselesaikan dengan ditemani laptop DELL, blackberry ungu, nokia X6, Qtela barbeque, rambutan, dan.. anak kecil di sampingku yang buat aku kesusahan buat ngetik: nutupin dan mencet-mencet tombol keyboard sembarangan, megangin tanganku supaya nggak bisa ngetik, dan bahkan minta di pukpuk supaya bisa bobok..


20 tahun? Tau apa yang muncul di pikiranku dengan usia 20? Huruf ke-20 dari deretan alphabet, lalu disusul dengan huruf ke-21 dan kemudan huruf pertama = TUA! Jdiar! Bumi gonjang ganjing, langit runtuh, petir bersahut-sahutan, gunung meletus, tanah terbelah, laut meluap *ajigile, kiamat!?* http://www.emocutez.com
Menjadi seseorang dengan usia 20 itu rasanyaa.... Rasanya... Rasanya kayak gimana gitu.. Ada groginya, ada senangnya, ada cemasnya. Usia 20 ini, rasanya baru benar-benar berhadapan sama kehidupan yang sesungguhnya *jadi kemaren-kemaren itu idup bo'ongan?!* Bukan sih. Bukan maksudnya dengan menjadi usia 20 terus hidupnya jadi serius-serius banget gitu, yang kemaren-kemaren ya hidupnya juga serius *kayak bisa-bisanya aja lu, Ban, serius* cuma, ketika berhadapan dengan usia 20 ini rasanya hidup itu udah bukan untuk main-main lagi. Ketika berusia 20 (ini aku sih yang ngerasa, nggak tau ya yang lain gimana), rasanya ini adalah tahap di mana aku ditampar sama bayangan diri sendiri di cermin *PLAKPLAKPLAKPLAK* http://www.emocutez.com untuk bisa sadar diri kalau waktu berlalu semakin cepat. Usia nggak akan pernah bisa bertambah, tapi akan selalu berkurang. Lantas, sudah bergunakah aku selama 20 tahun hidup di dunia? Atau malah, aku belum melakukan apa-apa selama kurang lebih 20 tahun bernafas.


Buat aku pribadi, usia 20 itu bener-bener usia yang sakral. Kenapa? Karena di saat menjejak usia 20, kita sudah berubah menjadi seseorang yang sosoknya sudah tergolong dewasa. Kita bukan lagi anak bocah yang  usianya bisa dihitung dengan jari, dan bukan pula remaja kimcil berusia belasan. Kita sudah berusia puluhan, man.. C'mon, wake up, hap hap hap! http://www.emocutez.com Harus ada target-target yang sudah di susun sedemikian rupa untuk kehidupan selanjutnya yang dengan nggak terduga, bisa saja menjadi sangat singkat. Kenapa bisa dibilang singkat? Bayangkan saja, tiga tahun lagi mungkin aku sudah menyandang gelar sarjanaku *aaamiiin ya Allah*  dan nggak lebih dari 5 tahun lagi aku sudah harus megang buku nikah! *AAAAAMIIIINN YA ALLAAAAHHH!!* #capslockjebol (ngebet nikah muda hahaha)

Anyway, ngomong-ngomong soal nikah, aku salah satu perempuan (saya masih perempuan, belum wanita ya *biar berasa muda*) yang emang ngebet banget sama yang namanya nikah muda. Kayak yang udah aku bilang, 25 tahun aku harus sudah menyandang status sebagai seorang istri dari seorang laki-laki. Niatannya malahan, usia 22 udah ada janur kuning melengkung tuh depan rumah, hahaha. Tapi kali itu kecepetan yak? Orang kemaren aku aja baru ngaku, usia boleh 20, wajah tetap 17, sikap masih 10 http://www.emocutez.com Kenapa aku bilang sikap masih 10? Iyalah, mana ada perempuan 20 tahun masih suka ngambek, hahaha *dijitak* Tapi aku emang pingin nikah di usia 22-23 tahun. Walau kadang kalau dibayangin suka serem juga, gimana entar kalau udah jadi istri? Nggak bisa kelayapan lagi, nggak bisa gosipan lagi, nggak bisa hedon jalan sana sini lagi, yang ada mesti tinggal di rumah ngurus suami dan seseorang yang memanggil aku "Mama"? Huwah!

Tapi finally, akhirnya bisa belajar menjadi seorang orang tua di usia 20 tahun ini! Wew, sek sek.. Belum kok belum, masih tingting kok, hahah. Sebelum menjadi seseorang yang benar-benar di panggil Mama kelak di usia 25, maka di usia 20 tahun ini aku menjadi seorang induk bagi seekor kucing *tepokpantat* Yaaa.. Begitulah, si doi ngasih kado sepasang kucing unyu-unyu yang akhirnya bisa kujadikan kelinci percobaan untuk menjadi anak dari seorang Bany.

 Maka inilah sepasang kucing unyu-unyu itu
http://www.emocutez.com Yang kiri yang bulunya agak ke-abu-abu-an itu sepakat dikasih nama Buncil, yang item yang cemberut itu namanya Belel, uuuwwwwhh unyuu nyaaahh! Tapi sayangnya, aku sudah terbukti bukan orang tua yang baik. Si Buncil berpulang ke Rahmatullah hanya sekitar 2 minggu setelah sama-sama akuhttp://www.emocutez.com



Jadi awalnya si Buncil itu (terlihat) sehat waktu dibeli. Cuma, entah gimana ceritanya dia itu jadi lebih anteng gitu dibandingkan Belel. Kerjaannya cuma makan, tidur, pup. Makan, tidur, pup. Beda banget sama Belel yang kerjaannya makan, mainan, pup, mainan, tidur, mainan, makan, mainan, pup, mainan. Setelah sekian hari, eh tambah lama kok si Buncil malaham tambah nggak mau makan, tambah lemes lah dia. Akhirnya, aku sama si Puput (temen kampus) ngebawa dia ke rumah sakit hewan. Taunya nyampe sana, kata dokternya dia kena anemia, terus dirawat deh, diinfus *kasiaann* Tapi sorenya udah boleh pulang dari rumah sakit, dirawat jalan dikasih obat. Setelah seminggu, coba check up lagi ke dokter hewan, eh ternyata keadaannya masih belum baik, masih ditambahin obat lagi. Abis itu, sempet bisa lari-larian sama si Belel, tapi entah kenapa pagi-pagi si doi telepon bilang Buncil masuk rumah sakit lagi, katanya drop banget! Aku shock lah! Orang kemarennya aja baik-baik aja kok. Terus, ternyata pas dijenguk sorenya, si Buncil tuh lemeesss banget di pojokan kandang di dokter hewan dekat rumah si doi. Bwaaa, sedih liatnya. Belum lagi waktu si dokternya bilang mereka bakalan ngusahain yang terbaik buat nolong Buncil. Waktu mereka bilang begitu, aku pikir mereka cuma berlebay ria. Aku pikir, abis diinapin di sana, besok Buncil udah bisa 
pulang deh. Tapi ternyataaa.... Pas besok malamnya ke sana mereka ngabarin, "Mbak maaf ya, kucingnya udah nggak bisa diselamatin lagi. Udah berat banget penyakitnya.." Whaaaatt!?!?! Berasa disamber bencong deh gueh rasanya! Mewek, mewek lah! Nggak percaya, banget! Tapi ya itulah yang terjadi. Akhirnya waktu disuruh ngeliat mayatnya si Buncil, aku nggak mau.. Nggak tega. Sedih. Jadi cuma si doi yang ngeliat. Met bobok yang tenang ya Buncil.. Sedih beeet dah ditinggal kucing unyu kayak kamu :'(

But then, my life still go on *yaeyalah, Ban!* Setelah Buncil nggak ada, akhirnya tinggallah si Belel si kucing autis dan juga kepo yang menguji coba aku untuk jadi seorang ibu. Gegara di kosan nggak boleh meliara hewan, jadinya si Belel ini suka dibolak balikin antara kosan aku sama rumahnya si doi hahahah. Tar seminggu di kosan aku, seminggu di kontrakan doi, sumpah si Belel udah kayak anak yang ditinggal cerai orang tuanya, hahahah. Tapi akhir-akhir ini si Belel emang lebih sering di kosan aku. Soalnya kan emang balik lagi ke niat awal beli kucing buat nemenin aku yang seorang diri di kosan. Biar ada yang rame-ramein. Biar ada yang bisa ditanggung jawabin. Jadinya, si Belel suka bobok di kosan.

Punya kucing kayak Belel emang bener-bener ngelatih diri untuk menjadi calon Mama. Belel ini macam kucing manja, tapi autis. Bingung? Sama gue juga, hahahah. Jadi gini, Belel itu maunya kita perhatiannya sama dia doang. Aku harus punya waktu buat manja-manja-in dia, tapi juga harus bisa jadi teman mainnya dia. Ya, maklum lah kan ditinggal sama temennya, jadi pasti cari temen main. Kadang, kalau aku nggak bisa main sama dia, dia bisa autis sendiri kejar-kejaran sama kertas atau sama tisu. Tapi, kalau dia emang pengen main sama aku, naiklah dia ke tempat tidur, terus bobok di atas laptop. Atau kadang lewat-lewat di depan laptop jadi semua tombol dipencet entah apa, dan dia nggak akan berhenti sampe aku mainan sama dia *tepokpantat*

Belel, nggak cuma autis tapi juga kepo. Semua yang aku makan dia juga mau cobain makan. Mungkin, gara-gara dia masih kecil ya, masih pengen tau semua rasa makanan. Kalau mau bobok mesti cari tempat yang nyaman buat dia. Otomatis, secara kasur cuma satu di kamar jadi mesti rebutan dulu sama aku. Abisnya, aku udah kebas-kebas kasur, udah niatan rebahan eh dia duluan naik terus senderan di bantal dong! Idih, Beleeell.. Itu kasur gueh, yang eloh jajah! Kalau mau bobok ya maunya di puk-puk dulu, atau nggak dielus-elus dulu, kalau nggak gitu ya nanti dia bolak balik jejel-jejelin badannya ke badanku, terus pasang muka melas gitu supaya di puk-puk. Jadi suka nggak tega kalau dia udah minta di puk-puk :3 

 Belel termasuk kucing yang aktif yang nggak bisa diam. Kerjaannya ya kayak gitu tadi, bangun, main, makan, main, pup, main, tidur, main, makan, main, pup, main, main, main. Pokoknya banyak mainannya daripada yang lain-lainnya. Tapi, biar kata dia suka berantakin kamar, kalau gak ada Belel mah sepii banget! Nggak ada yang ndusel-ndusel kalau mau bobok, nggak ada yang rusuh kalau lagi makan. Entah gimana, si Belel bisa ngebuat orang-orang yang takut sama kucing jadi takluk hahaha. Si Puput ye, temen sekelas gue tu anti beet sama yang namanya kucing. Eh, abis ketemu Belel malah candu dong mau ketemu lagi, hahaha. Semua deh temen aku jadi heboh pengen ke kosan, mau ketemu Belel katanya. Belum lagi kalau mau pulang ada bilang, "Salam ya, Ban, buat si Belel." Sial, kalah pamor lah gue ceritanyah yah!

Jadi induk dadakan buat si Belel ngajarin aku kalau jadi seorang ibu itu bukan hal yang gampang. Nggak gampang iya, tapi bukan berarti nggak menyenangkan loh. Jadi induk itu, rasanya campur aduk kayak es campur, ada dinginnya, ada manisnya, kadang kalau kegigit buah yang masam jadi kecut juga. Waktu jadi induk itu, ada rasa senengnya kalau liat si Belel lagi loncat sana sini, kalau dia kelimpungan waktu perutnya di obok-obok kitikkin, dia buat kangen berat kalau nggak ketemu sehari doang, dia yang buat pengen cepat pulang buat ketemu, ada rasa harunya kalau dia udah manja minta di puk-puk, ada rasa sebelnya kalau dia masih pengen main waktu aku udah ngantuk, dan dia bisa buat waswas setengah mati kalau dia sakit! Uuwwhh, sekarang aku tau deh gimana perasaan emak ke akunya. Salah banget ketika aku sering menyepelekan rasa seorang ibu.


But however, Belel bakalan jadi teman perantauanku di Jogja, hahaha. Susah senang deh ntar bakalan dilaluin sama-sama si Belel. Biar kata sering orang bilang dia lebih imut dari aku *mewekdipojokkan* dan sering buat aku envy  gara-gara dia jadi lebih terkenal daripada aku, tapi ya aku bakalan tetap hidup sama-sama dia. Udah rela nih, nyisihin uang bulanan buat nyiapin kebutuhan dia tiap bulannya. Tapi nggak apalah, Belel pantes kok dapetin itu semua *ketjuphBelel*


NB: Ultah 20 aku? Rame sama telor, tepung, dan krim kue! Makasih buat doi yang udah kasih Belel + Buncil, makasih Sukma, Puput, Ayu, Endah yang udah siapin pesta kecil di balik mobil depan masjid kampus UGM plus dengan krim kue yang sukses buat aku jerawatan, makasih sodara-sodari FKMK Jogja: Bang Firman, Bang Maliq, Kakak Riko, Kakak Iska, Bang Uchenk, Bang Dim, dll yang udah kasih facial tepung kobe dan telor yang semakin mendukung timbulnya jerawat! Sayang nggak ada fotonya, tapi tetap terekam dalam memori otak yang nggak akan bisa terhapus kecuali terkena virus berat. Makasih juga buat semua orang yang sudah mendoakan, Mama, Komandan, Abing, all famz and friends.*hug and ketjuph*

2 comments: