Sunday 17 November 2013

Nama: Manusia. Hobi: PHP-in Tuhan.

Akhir-akhir ini Tuhan cuma jadi tempat pelarian kesedihan. Ya masalah hati.. Ya masalah hidup.. Ya masalah rezeki. Kasihan - @badholic, 2013.

Pernah dengar orang bilang kalau penghuni surga itu kebanyakan orang susah? Tau kenapa? Ya karena manusia kalau cuma lagi susah doang ingat sama Tuhan. Iya gak? Nggak usah pura-pura nggak baca pertanyaan gue deh.

Memang sudah kodrat manusia sih ya, ingat Tuhan kadang, khilafnya sering. Nggak perlu cari contoh jauh-jauh, gue juga begitu. Kalau lagi ada yang dimauin, ibadah nggak pernah ketinggalan, ditambah yang sunnah-sunnah. Kalau udah dapat apa yang dimauin, Tuhan? Urusan kesekian.

Contohnya aja nih, kalau lagi cari kerjaan, pasti pada rajin shalat kan? Ditambah tahajud kan? Pastinya.

Waktu udah dapat kerjaan?

"Semalam gue lembur gitu, jadinya nggak sanggup bangun subuhan."
"Jam istirahat kantor gue tuh sebentar banget. Buat makan siang aja kadang-kadang nggak cukup, apalagi buat dzuhur."
"Kerjaan gue suka numpuk banget sebelum balik kerja. Sangking asiknya ngerjain kerjaan, nggak berasa waktu asharnya habis."
"Kalau jam maghrib, musholla kantor gue tuh rame banget. Gue tunggu-tunggu-in sampai agak sepi sambil ngopi. Kopinya abis, eh adzan isya."
"Pulang kantor sih gue niatnya mau isya-an. Tapi, ngeliat kasur, gue rebahan dulu. Eh, nggak taunya bangun-bangun sudah jam setengah tujuh."

Kebanyakan, kurang-lebihnya, seperti itu. Tapi ada juga sih yang nggak kayak gitu. Ada, yang waktu sudah dikabulin permintaannya masih ingat banget sama Tuhan. Tapi jumlahnya sih masih kalah banyak sama yang lupain Tuhan. *sigh

Kalau gue liat-liat nih ya, manusia zaman sekarang itu tambah hebat. Kenapa? Karena manusia zaman sekarang berani banget buat kasih harapan palsu sama Tuhan. Zaman dulu nih, manusia kalau sudah nggak kenal Tuhan, yaudah, nggak kenal sepenuhnya. Sampai akhirnya kena azab dari Tuhan.

Zaman sekarang?
Hari ini kenal Tuhan, besok bisa jadi lupa.
Contoh?

Pernah liat orang yang waktu lagi ada masalah berjilbab, seminggu kemudian setelah masalahnya selesai pamer foto pakai baju-baju minim? Ada.

Pernah liat orang yang waktu lagi tertimpa musibah setiap hari solat sambil nangis-nangis, waktu sudah ketemu jalan keluarnya syukuran di club? Ada.

Pernah liat orang yang waktu lagi ibadah haji tawaf di ka'bah sambil komat-kamit berdoa, sudah pulang haji nggak pernah sholat? Ada.

Untungnya Tuhan Maha Pengampun. Manusia tiga kali di PHP-in aja biasanya sudah marah nggak karu-karu-an. Bete. Nggak mau kenal lagi. Dendam. Tapi Tuhan? Masih tetap memberikan seribu maafnya untuk manusia. Masih mau mendengar segala keluh kesahnya manusia tentang hidupnya yang begini begitu, tentang masalahnya yang ini itu.
Bayangin kalau Tuhan ngambek satu hari aja. Apa jadinya kita?

...................

Jangan judge gue sok ngajarin kalian lewat tulisan ini. Gue juga masih sering lupa Tuhan kok. Maunya masuk surga, tapi sering buat dosa. Kita manusia, memang selalu punya positive thinking buat Tuhan: Tuhan itu Maha Pengampun. Pintu maaf nggak akan pernah ditutup Tuhan untuk manusia. Tapi jangan jadikan itu alasan untuk terus-terusan buat salah. Pintu maaf memang selalu dibuka Tuhan, nggak ada yang bisa meragukan itu, tapi nggak ada juga yang pernah tau kapan jatah umur kita habis.

So, Man. Orang tua bilang, bekerjalah seperti kamu masih akan hidup seribu tahun lagi, dan beribadahlah seperti kamu akan mati besok. Mumpung sekarang kita masih bernafas, mana tau nanti malam ada apa-apa, besok pagi masih bisa bangun atau nggak, ingatlah Tuhan kamu. Yang rajin ibadah aja belum tentu ibadahnya diterima dan terjamin masuk surga, apalagi kita yang jarang-jarang ibadah. Jangan sampai di dunia kita ketawa-ketawa, di dalam kubur nanti kita jejeritan. 

Sampai jumpa di surga.
Aaamiiin.


Yogyakarta, di tengah hujan dan dibasahi
oleh dosa.

0 comments:

Post a Comment