Friday 3 September 2010

kodrat kakak beradik

ho..pembukaan dulu lah sebentar..hehe.
akhirnya kembali memutuskan untuk nulis di blog itu karena pengen cerita-cerita tapi gatau cerita sama siapa dan di mana..karena saya baru pindah kota dan harus memulai kehidupan dari awal dan 'seorang diri'..jadi yah..memang seharusnya mencari orang-orang baru yang akan mau mendengar, menanggapi, dan menemani saya.hehehe.

e lah, banyak cerita yang mau saya sampaikan..banyak juga kata yang mau terungkap..tapi akhirnya saya memilih untuk menceritakan tentang persoalan kakak beradik ini sebagai cerita pembukaan blog saya ini.hahaha. :D


jadi begini, pertama kenalkan dulu siapa saya *halah, ganti aku aja sudah..kayak orang tinggi betul be'saya'. aku anak pertama dari pasangan Bapak Bambang Tristianto dengan Ibu Antung Rusbaniah. lahir pada tanggal 24 Oktober 1991 dengan nama Nurbani Trisna Wardhani. kalau diliat-liat namanya memang mengadopsi segala nama dari orang tua. Nurbani - sekarang jadi dipanggil Bani - berasal dari nama mama : rusBANIah. Trisna itu diadopsi dari nama bapak Tristianto. karena perempuan ditransformasi menjadi Trisna yang artinya cinta. dan wardhani itu sumbangan dari nenek. hehe. walau lahir dengan gender perempuan, tapi dengan nama seperti itu banyak sekali yang mengira aku itu seorang laki-laki..hedeh. entah kesalahan yang memberi nama, atau kesalahan otak pada yang mengira aku adalah lelaki. hahaha. tapi tetep aja toh aku seorang perempuan. :)

kemudian aku ditakdirkan untuk menjadi seorang anak tunggal selama 13 tahun. hm.. memang alasan orang tua untuk menunda memberiku seorang adik sepertinya. katanya mama sih, memang sengaja kasih adek dengan jarak umur yang jauh. Kenapa?? Karena katanya biar nanti si mama nggak terlalu sibuk kalau harus ngurus dua anak kecil sekaligus. Nah, dimaksudkan anak pertama agak gedean dikit itu supaya bias bantuin mamanya ngurusin si adek kecil. Tapi nyatanya..? eng ing ong.. hahaha. Semuanya jauh dari rencana semula. :P Gimana nggak. Lah, semakin besar si kakak malah semakin sibuk. Sibuk mainan, sibuk ngeceng, sibuk sekolah *yang ini agak bohong dikit, hahaha. Jadi agak nyesal juga kenapa dulu-dulu nggak minta adek aja sih waktu masih umur 5 tahunan. Nggak perlu nunggu segede babon. Lah, banyak buntungnya daripada untungnya.. ckckck. Okelah, mari mulai cerita dari awalnya.

Jadi dulu, waktu umurku 13 tahun lebihan gitu, mungkin si mama dan komandan *ini panggilan sayang untuk ayah :) - sudah bersepakat untuk kasih aku adek ya.. akhirnya setelah bertanya : “Kamu mau punya adek nggak?” Nah lo, karena aku liat teman-temanku itu kalau punya adek asik bener gitu, jadi dengan mantap aku menjawab : “IYA aku MAU!” nggak berapa lama sih, pas aku bangun pagi-pagi tuh ada yang bisikin, “Ciee..sebentar lagi ada yang mau jadi kakak..” *cepet juga buatnya ya.haha.dulu aku dikasih tau kalau buat adek itu dari tepung sama telor kayak buat kue gitu. And I used to believe it.haha. setelah sembilan bulan, dedek ku pun lahir. Dengan nama Fajrina Aprilia Kartika dan dipanggil Abril *aku aja yang panggil Abing, haha. Waha, pertama-pertama senang sekali aku eh.. ada adek imut-imut yang lucu dan cantik nongol di tengah-tengah keluarga yang aneh ini. Mungkin akan menambah tingkat keanehan di keluargaku. Waktu pertama-pertama memang asik ya jadi kakak. Beh, apalagi adeknya kecil imut-imut cuma bisa tidur doang.  Jadi asik buat dicubit-cubit dan dicium.

Tapi ternyata saudara-saudara. Adek yang semulanya imut-imut itu berubah bagaikan monster loh di usia 3 tahunan! Gila, nggak bisa diem sama sekali! Cerewet banget lagi. Aku ya jadi ilfeel dengan dirinya. Jadi males kalau disuruh ngurusin si dedek ini.. apalagi ya memang sifatnya itu yang mucil sekali. Mungkin memang keturunan dari si komandan ya. Semua anaknya itu mucil termasuk aku. Jadi si Abing ini suka banget gangguin orang. Kalau orang lagi diem-diem aja, eh ada aja itu yang dikerjain sama dia. Ya gelitik-gelitik lah. Kalau orang nonton suka main pindah channel tv lah. Apalagi dia ini orangnya nggak mau ngalah sedikit pun! Pelit! Lah ketemu sama aku yang orangnya juga nggak mau ngalah. Kalau aku mungkin bawaan jadi anak tunggal 13 tahun kali ya? Bayangkan aja selama 13 tahun hidup jadi anak semata wayang. Semuanya yang aku minta dikasih. Semuanya cuma jadi milik aku. Dan sekarang harus berbagi sama orang yang sama-sama keras juga? Ogah!

Emang kadang si Abing ini ada baiknya. Kalau aku suruh-suruh mau aja. Cuma nyebelinnya, dia itu selalu narik perhatian orang-orang sekitar. Kecemburuan sosial? Mungkin. Tapi yang paling sebel la kalau aku lagi pacaran dia nimbrung eh! Males banget kan kalau lagi ada yang ngedate la dia ikutan nongkrong di antara aku dan seseorang di sampingku. Kata orang kalau lagi berduaan orang ketiganya setan. Lah si Abing setan dong? Hahaha. Terus dia juga orangnya nggak ada ngalah-ngalahnya sedikit pun. Nggak pernah luput rumahku dari soal berantemnya aku dan Abing rebutan remot tv. Padahal ya, tv di rumah ada 2 loh. Tapi nggak ada satu pun yang mau ngalah . ya jadi ujung-ujungnya si Abing pasti nangis.. atau nggak ya aku yang ngambek jadi masuk kamar terus nggak keuar-keluar lagi

Dan aku itu paling malas kalau disuruh buat ngurusin Abing. Mungkin karena aku juga jarang di rumah. Kebanyakan ngelayap. Jadi kalau disuruh mandiin Abing, atau disuruh buatin susu *biar udah umur 6 tahun tetep aja masih ngedot! Dan berhubung aku juga jarang komunikasi sama dia, ya jadi jarang nyambungnya..

Terus Abing itu manusia yang pelit + rakus banget! Dia itu kalau punya barang atau makanan atau apapun nggak pernah mau dibagi sama orang lain. Tapi, dia maunya punya orang itu bisa dibagi ke dia juga. Nah loh, nyebelin banget kan? La udah makananku di kepet mulu, punya dia diminta nggak boleh eh..sebel kali aku. Udah gitu, kalau liat Abing dimarahin sama mama itu kayaknya senang betul aku. Haha, gak tau deh kenapa. Cuma kayaknya ada kepuasan sendiri. Walau kadang aku juga kasian liat dia dimarahin terus. Tapi kebanyakan senangnya sih kalau liat dia dimarahin.haha.

Tapi akhirnya, aku menyadari betapa berbedanya hidupku kalau nggak ada si Abing yang mucil, nggak mau ngalah, rakus, pelit, dan bla bla bla itu. Dia yang bisa buat aku nangis waktu pisah sama keluarga aneh sayangku itu. Sekarang kan aku pindah tempat tinggal ke Jogja untuk tuntutan ilmu. Mencoba menjadi orang susah yang hidupnya harus serba bisa sendiri, meninggalkan segala kenyamanan kota Balikpapan dan kehangatan peluk keluarga. Si Abing ini sempat nemanin aku tinggal 3 minggu di Jogja. Yah walau nggak bisa dipungkirin, selama 3 minggu di Jogja ya si abing mah tetep aja bikin rebut di kosan aku. Udah nggak bisa dibilangin. Berantem mulu kerjaannya sama mama. Hih, sebel banget deh pokoknya. Akhirnya, udah tiga minggu, waktunya dia balik sama mama sama komandan ke Balikpapan *waktu itu si komandan nyusul ke Jogja seminggu sekalian ke tempat saudaranya di Cilacap. Waktu pisahan di bandara, kayaknya aku udah males banget untuk meneteskan air mata..  Hehe. Aku kan harus bisa kuat dan mandiri dong. Masa pisah sama orang tua aja pakek acara nangis sih? Malu dong sama gelar mahasiswiku. :p Tapi akhirnya aku luluh juga waktu liat si Abing nangis. Hmm.. Gimana ya, aku sedih juga sih liat dedekku satu-satunya itu. Setelah dia nggak ada di kos malah semakin terasa bedanya. Nggak ada lagi yang gangguin kalau aku makan. Nggak ada lagi yang sibuk loncat sana sini. Nggak ada lagi perang kalau mau nonton tv. Nggak ada lagi yang bisa diolok-olok. Nggak ada lagi yang sibuk minta mandiin kalau aku sama mama sudah siap-siap mau jalan. Dan sekarang yang aku tau pasti, aku malah kangen banget sama dia. Kangenku ke dia mengalahkan segala rasa kangenku ke siapapun.

Mungkin itu memang kodrat kakak beradik kali ya? Kalau dekat bosan, malah berantem terus. Tapi kalau jauh malah ngangenin. Tapi aku percaya deh, nanti kalau ketemu pasti juga bakal berantem terus. Tapi mungkin nggak semua kakak beradik kayak gini sih. Aku sering kok liat kakak beradik yang klop banget. Nggak perduli jarak umur mereka berapa tahun. Tetep aja mereka klop. Tapi ya kebanyakan kalau yang jarak umurnya dekat, mungkin bakal deket banget. Ini sih pemikiran aku. Ya soalnya kan, mereka dibesarkan dalam waktu yang sama. Bisa tuker-tukeran baju. Umur pemikiran juga nggak terlalu berbeda jauh. Bisa curhat-curhatan. Lah, kalau umurnya beda jauh, gimana mau satu pemikiran? Aku mikir ke utara, Abing mikir ke mainan. Ya nggak ada nemunya. Tapi sekali lagi ini tergntung pada subyek masing-masing. Kadang ada yang mikir punya saudara dengan jarak umur yang jauh itu menyenangkan karena akhirnya ada yang bisa dirawat selain binatang peliharaan. Tapi bagi yang nggak suka ngerawat-ngerawat, itu adalah suatu musibah! Tapi sekali lagi, ini tergantung pada pemikiran subjektifitas.. Yang aku tau sekarang, aku kangen sama si Abing yang mucilnya nggak karu-karuan itu dan nggak sabar supaya bisa ketemu sama dia lagi. :D

1 comment:

  1. meski begitu perlakuan tak pernah beda ..
    sayang sama rata pilih kasih tak pernah ada ..

    ReplyDelete