Saturday 31 December 2011

Abing ft. Belel

"Karma itu berlaku, tidak pandang waktu, lokasi, dan siapa orangnya"


Setiap perbuatan yang pernah kita lakukan, pasti akan ada balasannya. Kalau istilah kerennya itu, karma. Biasanya kalau kita dengar ada orang kena karma, pasti kita langsung mikir kalau orang itu dulunya pernah melakukan sesuatu yang buruk, makanya dia kena karma. Jadi bisa kita simpulkan kalau karma itu sesungguhnya adalah balasan terhadap orang yang pernah melakukan sebuah kejahatan, hingga di suatu ketika dia mendapatkan perbuatan yang sama seperti yang dia lakukan dulu *ahelah beribet* Intinya, karma itu saudara sepupunya buah yang berasal dari Arab.

Oke anyway, ceritaku kali ini bukan berisikan tetek bengek tentang karma, apalagi tetek sapi tetangga sebelah. Tapi, ini adalah sebuah curahan hati seorang Bany yang sedang mencoba melatih diri menjadi seorang ibu yang harus menghadapi tingkah laku anak sedari kecil sampek beranjak dewasa.

Si Mama sering banget curhat sama aku tentang kelakuan adek semata wayangku yang bisa dibilang tingkahnya super duper abnormal *lebay*  Biasanya, aku cuma bisa ketawa ngakak dengar ceritanya si Mama tentang tingkahnya si Abing terus bilang, "Sabar ya, Ma. Pukpuk Mama, bwahahahah." Dan mungkin Tuhan menganggap kelakuanku ini adalah sebuah kejahatan yang perlu dibalas, hingga akhirnya aku pun mendapat karma.

Ingat Belel? Ingat lah. Postingan tentang kucing hadiah ulang tahun ke-20-ku yang unyu-unyu ku itu masih ada tepat di bawah postingan ini kok, hahah. Ketahuan banget jarang update blog aku ini, ckckck *kena timpuk sendal* Nah, mungkin selain jadi kado ulang tahun, bisa kubilang si Belel itu karma yang dikirimkan Tuhan buat aku. Setelah hidup bersama selama kurang lebih 2 bulan, setelah ditelaah baik-baik dan diperhatikan secara seksama, akhirnya ku sadari... bahwa... *jeng jeng jeng (musik sinetron)* *naik turunin alis* *bibir mencong sana sini* Belel itu nggak jauh beda kelakuannya kayak si Abing *jggerrr jdiarr jgeerr (gluduk)*


Yang namanya si Abing kalau udah main atau becanda nggak akan pernah mau berhenti. Biar kata itu orang yang diajak main udah capek ngos-ngos-an mau mati juga dia tetep aja nggak bakal berhenti. Si Abing itu semacam ditutup telinganya waktu kita bilang, "Sudah nah, Bing. Capek." Dan.. Sama. Ini pun juga jadi kelakukannya si Belel. Nggak bisa diajak becanda sebentar, pasti langsung nggak mau berhenti. Pernah waktu itu aku mau gulung kabel charger hape. Waktu nge-gulung kabelnya kan kabelnya jadi goyang-goyang gitu, dan si Belel ini nggak bisa liat sesuatu yang goyang-goyang dia pikir ngajak dia main. Abis itu, ditangkaplah kabel yang goyang-goyang sama dia. Waktu pertama liat dia nangkep-nangkep kabel itu, agak kasian juga soalnya udah jarang punya waktu buat mainan sama dia. Akhirnya, aku tarik-tarik kabelnya eh kesenanganlah dianya ada teman main. Udah beberapa lama, capek juga tarik-tarikan kabel sama si Belel keliling-keliling kamar. Aku gulung sampe habislah kabelnya dan niatnya udah berentian main, eh, nggak taunya... Si Belel masih pengen mainan. Semuanya yang goyang-goyang dia tangkepin, sampe celana panjangku juga ditarik-tarik, kaki di tangkap, tarik kabel modem, jatohin botol kosong, main bola pakai botol.. hheempphh.. Nggak ngerti kata "sudah".


Abing itu kepo (selalu pengen tau) dan suka lapar mata. Kalau liat orang makan sesuatu, dia juga mau makan walaupun dia sudah makan sebelumnya. Suka sebel banget sama sifatnya Abing yang satu ini. Males kan kalau lagi makan di recokin sama orang lain? Dan sedihnya, kucingku juga begitu *mewek di pojokkan* Setiap aku bawa makanan ke kosan, pasti dia langsung ikutan heboh mau makan juga. Semua piring di-endus-endus sama dia, ahelah kan sebel. Padahal ya, sebenarnya si Belel itu udah dipastikan nggak doyan sama makananku, maksudnya makanan yang aku bawa itu bukan makanan yang bakal di-doyan-in sama seekor kucing, nggak berbau ikan-ikan-an, tapi ya emang dasar sifat kepo-nya itu loh yang buat dia kayak gitu. Cuma mau tau doang itu apa, tapi kalau disodorin juga nggak bakal mau makan. Pernah suatu ketika aku akalin kasih dia makan waktu aku lagi makan juga. Jadi secara otomatis kan aku sama dia sama-sama makan makanan masing-masing, nggak mungkin dong aku direcokin sama dia hohoho *ketawa setan* Akhirnya, abis nuangin makanan ke piring bulat si Belel, aku bukalah makanan yang tadi sudah ku beli. Uuumm.. Nyummyy.. Pas udah siap-siap mau ngelahap, eh si Belel loncat ke atas tempat tidur mulai siap-siap endus-endus makananku. Ku lirik piringnya, dan masih banyak loh makananya dia itu.. Gggrrr... Apa mau kau hey Belel *lempar bantal* Emang dasar kucing kepo, rakus, lapar mata! Ggrrr...

Adek semata wayang yang umurnya beda 13 tahun sama aku itu pintarrrr *beri tekanan pada R* bersandiwara. Kalau dibilang jangan, nanti dia diam sebentar tapi secara perlahan akan melakukan apa yang tadi dibilang jangan. Kalau dibilang, "Tuh kan ndak dengar kan!" Nanti dia jawab, "Endak kok.." Bisanya dia bilang endak, maka nyata-nyata dia ngelakuain *tarik napas dalam-dalam* Dan kalau mau dipukul, dia berkilah dan bilang, "Yeeyy ndak kenaa.." *serius deh dia bilang begini, biar kata itu Mama yang mau mukul* Dan.. INI SAMA PERSIS KAYAK KUCING GUUEEHHH *histeris lari keliling kampung* Kemaren ya, sekali lagi aku tekanin ini baru kejadian kemaren (biar tegang). Ini baru kejadian kemaren! (ulang lagi biar semakin tegang *ah ambigu*) Kemaren hujan deras dan secara otomatis balkon kamar jadi basah. Aku ngerti lah si Belel tu suka dan cinta sekaleh nongkrong, leyeh-leyeh, dan tidur di balkon, tapi gegara hujan, jadi sengaja ndak ku buka itu pintu kamar biar dia ndak pergi leyeh-leyeh di balkon. Tapi ternyata PLN berkehendak lain, kosan mati lampu dan kamar gelap gulita. Untungnya mati lampunya pas siang, coba kalau malam, sudah ku teleponin semua kontak di hape, hahahah. Jadi terpaksa ku bukalah pintu balkon kamarku itu ceritanya ya kan, supaya temasuk sedikit cahaya ke dalam kamar *apadeh ini benada bugis hahaha* Si Belel sudah duduk di depan pintu liat tetesan-tetesan air yang membasahi balkon *romantis nanggung* sudah ku bilang sama dia jangan ke balkon, basah, hujan. Waktu aku bilangin begitu dia noleh, liatin aku ngomong sama dia. Terus dia duduk lipat tangan di depan pintu. Ku liat dia anteng sudah duduk begitu, ndak mungkin dia pergi ke balkon, ku tinggal-lah nonton tv. Nggak lama, ku cek lagi dia, sudah duduk di luar pintu, tapi masih yang diteduhin atap. Ku biarkan aja, soalnya masih belum basah, aku lanjut lagi nonton tv. Nggak lama ku cek lagi dia, daann... Dia sudah duduk dengan santainya di balkon sambil ngerasain hujan netes-netes. Alamakjan! Dosa ape gueh punya kucing macem dieee!! *tereak sekencang-kencangnya* Aku bangun dan udah tereak, "Beleeell! Ndak dengar dibilang basah!" sudah siap mukul, dan hap! Dia lari dan sembunyi di bawah tempat tidur. Untung ndak bisa ngomong dia, kalau bisa ngomong kali dia bilang, "Weeek ndak kenaaa.." *tepok jidat*


Sangking abnormalnya kucingku itu, kadang aku cuma bisa geleng-geleng kepala sendiri, ketawa lucu sendiri, marah-marah sendiri. Semuanya ingatin sama adek abnormal yang hidup di pulau seberang sana. Beberapa hari yang lalu si Mama telepon dan kami ngobrol ngalor ngidul sana sini. Sampe akhirnya aku cerita tentang mucilnya si Belel. Nggak lama nyokap ketawa dan bilang, "Hahaha.. Sabar ya, Kak. Pukpuk Kakak.." Jderr.. Dikembaliin dong kata-kata gue kan.. Dan kalimat terakhir yang membuat aku yakin bahwa Belel adalah sebuah karma, waktu Mama bilang, "Kakak kan suka ketawain Mama kalau Mama lagi ceritain adekmu, makanya Tuhan kirim Belel buat kakak biar tau gimana rasanya ngerawat anak macam adekmu."
JLEB, datar, pelan, dan menusuk.


0 comments:

Post a Comment